Polres Tanjabbar Amankan Ratusan Karung Bawang Bombay Ilegal

Polres Tanjabbar Amankan Ratusan Karung Bawang Bombay Ilegal

Berita Daerah Hukrim

TANJABBAR – Ratusan karung bawang Bombay ilegal tanpa dokumen lengkap, berhasil diamankan pihak Polres Tanjabbar.

Bawang Bombay, bernilai ratusan juta rupiah ini, diamankan yang diangkut menggunakan sebuah truck colt diesel melalui pelabuhan roro Tanjabbar.

Baca juga : Kades Bram Itam Kanan di Tanjabbar Mengundurkan Diri

Baca juga : Melebihi Target, Polres Kerinci Berhasil Ungkap 6 Kasus dan 7 Tersangka

Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro SIK MH mengatakan, ratusan karung bawang Bombay ini diamankan pihaknya pada Kamis(19/3/20) sekitar pukul 18.00 wib, saat diadakan kegiatan pengawasan masuknya transpurtir baik kendaraan maupun barang melalui pelabuhan roro.

Dalam pengawasan ini, kata Kapolres pihaknya menemukan Kendaraan colt diesel dengan nopol BA 8151 AQ yang mencurigakan dan saat diperiksa menemukan barang-barang tumbuhan yang diduga tidak memiliki sertifikat kesehatan.

“Kita menemukan 400 karung bawang Bombay, 10 karung cabe kering, 5 karung bawang merah dan 500 kilo kardus.” Ungkap Kapolres. Selasa (24/3/20).

Selain mengamankan ratusan karung bawang Bombay ilegal dan barang barang tumbuhan ini, Polres Tanjabbar juga membekuk seorang sopir berinisial ND yang ditetapkan sebagai tersangka, tindak pidana karantina tumbuhan.

“Barang ini dibawa tersangka dari Dabo Singkep, rencananya akan dipasarkan di Jambi.” Sebutnya.

Guntur juga mengungkapkan, modus operandil tersangka membawa mengunakan truk, dan menyamarkan barang bawaannya dengan ditutupi kardus bekas.

Lihat juga video : Gubernur Luncurkan Calendar of event

“Barang bukti yang kita aman ini bernilai ratusan juta rupiah,” paparnya.

Pasal yang dikenakan terhadap tersangka, yakni pasal 88 junto pasal 35 huruf A undang undang nomor 21 tahun 2019, tentang karantina hewan dan tumbuhan dengan ancaman 2 tahun denda kurang lebih 2 milyar. (Hry)