Stok Pangan di Jambi Aman, Kecuali Gula Pasir

Stok Pangan di Jambi Aman, Kecuali Gula Pasir

Berita Bisnis Pemerintahan Provinsi

JAMBI – Kabar baik bagi masyarakat di Provinsi Jambi. Pasalnya meski dilanda wabah Virus Corona, stok pangan masih aman hingga 4 bulan kedepan, kecuali gula pasir.

Hal ini disampaikan Pj Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman, usah menggelar rapat bersama tim Satgas Pangan di Kantor Divre Bulog Wilayah Jambi, Senin (23/3/2020).

Baca juga : 2 Pekan Ini, Harga Gula Pasir di Sarolangun Naik

Sudirman mengatakan, rapat tersebut merupakan upaya pemerintah dalam mengantasipasi, kebutuhan pokok di Provinsi Jambi. Alhamdulillah, untuk 4 bukan kedepan, stok pangan aman kecuali gula pasir.

“Kita sudah memperoleh informasi bahwa stok kebutuhan pagan. Kebutuhan bahan pokok kita sampai 3 atau 4 bulan kedepan, masih dalam posisi aman, kecuali gula pasir,” katanya.

Dirinya menyebut, saat ini memang gula pasir mengalami kenaikan. Dari yang harga HET nya Rp. 12.000, kini mencapai Rp. 17.000.

“Posisi di pasar sekarang gula pasir sudah di atas harga het, dengan Rp.16.000 sampai dengan Rp. 17.000,” jelasnya.

Pun demikian, Pemerintah Provinsi Jambi akan terus berupaya, dalam menanggulangi pasokan gula pasir tersebut.

Ditambahkannya, pertengahan bulan April 2020 nanti, stok gula pasir baru akan datang. Belum lagi, ada beberapa distributor di Jambi, yang masih menyalurkan gula pasir hingga saat ini.

“Harga di distributor sekarang posisi Rp.15.000. Oleh karena itu masih sangat wajar harga sekarang posisi di Rp. 16.0000 atau Rp. 17.000 di pasaran. Baik Kabupaten maupun kota,” ungkapnya.

Lihat juga video : Banjir di Kota Jambi Makin Jadi

Tak hanya itu, tim Satgas Pangan saat ini juga akan terus memonitor harga kebutuhan pokok di pasaran, sehingga jangan sampai terjadi lonjakan harga melampaui Rp. 17 ribu.

“Kita sudah sepakat dengan pihak Polda maupun Bulog dan komponen tim satgas, kita harus terus memonitor ke distributor agar harganya stabil dijual Rp. 15.000 di harga pasaran. Dan masih bisa dijual dengan harga Rp. 16.000 maupun Rp. 17.0000,” imbuhnya. (Paw)