Mahasiswa UIN Jambi Disuruh Pulang Dari Bandung, ODP Covid-19 Jadi 212

Berita Daerah Berita Viral Pendidikan

JAMBI – Perjalanan Praktikum Mahasiswa UIN STS Jambi, Jurusan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ke Bandung jadi Sorotan.

Tak ayal, hal ini pun menjadi sorotan, dan membuat heboh masyarakat di Provinsi Jambi. Mengingat, rasa kekhawatiran terhadap penyebaran Virus Corona yang kini tengah menghantui manusia di seluruh dunia.

Baca juga : Usai SMAN 1 Kota Jambi, Satgas Covid-19 Pantau 74 Mahasiswa UIN STS

Menanggapi hak tersebut, Reny Safeta Ketua Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyatuh dan Keguruan UIN STS Jambi, mengakui bahwa ada mahasiswa yang ke luar kota, namun sudah kembali pada tanggal 17 Maret 2020 kemarin.

Renny juga menjelaskan, bahwa perjalanan ini dilakukan dari Jambi mulai dari tanggal 12 Maret 2020, dan tiba di Jambi pada tanggal 17 Maret 2020.

Ia juga menerangkan, setelah tiba di Jambi, mahasiswa yang melakukan perjalanan langsung diperiksa oleh dokter UIN, dan keadaan mereka pun baik-baik saja hingga saat ini.

“Sampai saat ini jam 19.00 tanggal 21 Maret 2020, anak-anak masih baik-baik saja dan dalam keadaan baik. Tidak ada yang terdampak Covid-19,” kata Reny melalui selulernya, Sabtu (21/03/2020) malam.

Lagi pula, kata Reny, perjalanan yang dilakukan mahasiswanya hanya sampai di UPI Bandung. Setelah menerima instruksi dari pihak rektorat, mereka langsung putar balik ke Jambi.

“Tidak ada melakukan perjalanan ke Jogja, Malang, Lampung dan Jakarta. Makanya ada berita hoax di berita online saya kaget, kita tidak sampai tanggal 20. Ituu gara-gara foto sepanduk kan,” imbuhnya.

Keterangan Pihak Kampus

Mengenai keadaan mahasiswa yang melakukan perjalanan, ia memastikan bahwa semuanya baik-baik saja.

“Kita sampai jambi kemarin tanggal 17 dan langsung di cek dokter. Alhamdulillah anak-anak kita baik semua. Sekarang kondisinya di rumah, dan 14 hari kedepan tidak ada ke kampus. Dan di kampus lagi libur juga,” tuturnya.

Sementara itu, diketahui saat ini Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait Virus Corona di Jambi meningkatkan, dari yang awalnya sebanyak 132, ditambah mahasiswa UIN, sekitar 80 orang.

Lihat juga video : UPL UNJA Terbakar

Dengan demikian, ODP tercatat diangka 212 orang. Sedangkan pasir berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 2 dari awalnya, sehingga menjadi 13 orang.

Untu dua tambahan PDP berasal dari Tanjabtim, dan rumah sakit swasta di Kota Jambi. (Paw)