Bupati Minta Pengolaan Dana Desa Sesuai Arah 

Bupati Minta Pengolaan Dana Desa Sesuai Arah 

Pemerintahan Tanjab Barat

TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial berharap penggunaan Dana Desa (DD), di Kabupaten Tanjung Jabung Barat benar-benar dirasakan manfaatnya, bagi masyarakat.

“Di Tahun 2020 ini, dana desanya, harus fokus pada kegiatan yang bersifat padat karya dan benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak.” Pintanya.

Disamping itu, ia juga mengingatkan prioritas pengunaan Dana desa untuk program kegiatan bidang pembangunan desa serta pemberdayaan masyarakat desa.

Baca juga : Pemuda Jepara Jalan Kaki ke Kerinci, Dijamu Bupati 

Baca juga : 8 Orang Diduga Terjangkit Corona, Dirawat di RSUD Mattaher Jambi

“Pengelolaan dana desa diharapkan dapat menyesuaikan dengan arah kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten, sehingga fokus Dana Desa bisa menjangkau semua aspek. Terutama penurunan angka Stunting, dan peningkatan sumber daya manusia.” Tegasnya.

Dirinya menjelaskan, bahwa Pemkab Tanjung Jabung Barat saat ini juga terus melakukan upaya pengoptimalan dana desa, dengan pemberdayaan masyarakat dan perekonomian desa.

“Salah satunya dengan melibatkan masyarakat setempat untuk pembentukan badan usaha milik desa (Bumdes), agar potensi desa bisa berkembang lebih optimal dan pergerakan ekonomi masyarakat menemukan bentuk sebagai sumber kesejahteraan yang berkesinambungan dan berkelanjutan.” Ungkapnya.

Lihat juga video : Gubernur, Bupati dan Dewan Nyanyi Bersama

Baca juga : CR-V Club Indonesia Chapter Jambi Resmi di Deklarasi

Untuk penyaluran dana desa Kabupaten Tanjung Jabung Barat sendiri tahun 2020 ini, hanya dibagi dua tahap, 60% Tahap pertama dan 40% pada tahap kedua. Penyaluran tahap pertama dana desa, ditargetkan dilaksanakan pada Januari sampai Juni 2020.

Sedangkan untuk tahap kedua paling cepat dilaksanakan bulan Maret, dan selambatnya bulan Agustus 2020.

Sekedar diketahui, bahwa Pemerintah Kabupaten Tanjabbar merupakan salah satu dari 20 Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia. Yang salah satu dari Dua Pemerintah Daerah se-Provinsi Jambi berkinerja baik dalam penyaluran dana Desa Tahun 2019 lalu. (hry)