Sudah direncanakan sekitar 6 bulan dan sebar ribuan undangan, pernikahan pasangan ini mundur karena virus corona.

Sebar Ribuan Undangan, Pernikahan Batal Karena Corona

Berita Viral Nasional

JAKARTA – Sudah direncanakan sekitar 6 bulan dan sebar ribuan undangan, pernikahan pasangan ini batal karena virus corona. Meski siapkan hand sanitizer dan lainnya, pilihan sulit, kedua keluarga putuskan ikuti saran pemerintah dengan menunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Wabah virus corona sudah menyebar sampai ke Indonesia. Jumlah pasien positif terjangkit virus corona di Indonesia per Senin (17/3/2020) terus bertambah menjadi 134 orang dengan 9 pasien meninggal.

Pemerintah pun menghimbau untuk melakukan social distancing, yakni menjaga jarak antara satu orang dengan orang lain dengan berdiam atau melakukan aktivitas di rumah.

Kebijakan pemerintah untuk social distancing demi mencegah penyebaran virus corona ini membuat pengantin di Jakarta batal pesta pernikahan karena corona. Adalah pengantin bernama Sherra Adhania Olivia Naser dan Emir Prawira yang seharusnya melangsungkan resepsi pernikahan di Karsa Garini, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu nanti (21/3/2020).

Pesta pernikahan tersebut terpaksa ditunda guna melaksanakan social distancing dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Ayah mempelai wanita, Naser Saleh Aljaid mengungkapkan bahwa pesta pernikahan putrinya terpaksa diundur meskipun sudah mempersiapkan selama enam bulan dan telah mengundang hampir 2.000 tamu.

“Rencana pernikahan itu kita sudah rencanakan enam bulan, cari gedung, catering, cari semuanya, kita sudah mencoba ikut pameran (wedding) sana-sini, super sibuk akhirnya jatuh pada 21 Maret resepsinya malam. Undangan 1.800 kira-kira tamu yang bakal hadir. Setelah mendekati hari-H kita lihat kondisi kota Jakarta dan imbauan Gubernur dan Presiden untuk social distancing measure mencegah penyebaran virus corona, akhirnya kita runding dengan calon besan. Jangan egois untuk kesenangan kita, tapi berdampak bagi orang lain,” kata Naser saat dihubungi Wolipop, Senin (16/3/2020).

Pernikahan Batal, Akad Tetap

Meskipun pesta pernikahan dibatalkan sampai waktu yang belum bisa diketahui karena virus corona, Naser mengungkapkan bahwa akad pernikahan tetap terlaksana. Hanya saja dalam lingkup kecil yang dihadiri saudara dan keluarga. Menurut Naser yang terpenting adalah kesakralan pernikahan putrinya tanpa harus mengundang orang banyak.

“Biarpun kita sudah persiapkan semuanya untuk tamu yang datang tes suhu badan, hand sanitizer, tapi kita nggak ingin ini lebih luas. Kalau sekarang kan sudah mewabah, di samping keluarga, kita juga khawatir orang lain yang tadinya sehat bisa terpapar, kan kita nggak tahu nantinya akan gimana. Kalau menurut saya jika tetap dilaksanakan ini kurang bijaksana,” cerita Naser.

Praweding dan siapkan hand sanitizer serta pendeteksi suhu, pernikahan akhirnya batal
Praweding dan siapkan hand sanitizer serta pendeteksi suhu, pernikahan akhirnya mundur

“Kita menunggu berita dari pemerintah, yang saya harapkan Lebaran sudah reda. Memang sedih, tapi ini demi semuanya. Anak saya juga memaklumi, kedua mempelai juga bijaksana, nanti bisa diundur pestanya, yang penting akad,” imbuhnya.

Naser pun tak menampik mengalami beberapa kerugian karena memutuskan untuk menunda pesta pernikahan putrinya. Meskipun begitu ia tetap bersyukur karena beberapa pihak seperti catering, dokumentasi, dan pelaminan bisa diajak bekerjasama.

Baca Juga : Batalkan Semua Karena Corona, Ini Acara Terakhir Fachrori

Baca Juga : Tertangkap Basah Mesum Dalam Mobil di Bandara, Perawat Ini Batal Terbang

“Efek secara psikologis itu pasti kecewa, yang kita pikirkan enam bulan itu kan bukan waktu yang cepat, tapi karena itu imbauan yang nggak bisa kita tolak. Kalau nggak diawali dengan kita ya siapa lagi. Ada beberapa kerugian materi tapi nggak begitu banyak. Ada beberapa dana yang perlu ditambahin karena diundur,” terang Naser.

“Alhamdulilah pihak gedung dan vendor sangat kooperatif sehingga kami tidak rugi banyak. Mungkin ada beberapa yang tidak bisa dikembalikan, tapi kalau untuk catering dari Dwi Tunggal Citra, gedung, pelaminan Banyumili, dan dokumentasi dari 73 Photo mereka kooperatif,” pungkasnya.