Antisipasi Covid-19, Setiap Pelabuhan di Tanjabbar Diperiksa

Antisipasi Corona, Setiap Pelabuhan di Tanjabbar Diperiksa

Berita Daerah Berita Viral Tanjab Barat

TANJABBAR – Guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Setiap warga atau penumpang, yang masuk ke wilayah pelabuhan di Tanjabbar saat ini mulai diperketat dan diperiksa.

Salah satunya di pelabuhan lalulintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (LLASDP) Tanjabbar, dimana setiap penumpang baik yang berangkat, maupun yang datang di pelabuhan ini tak luput dilakukan pemeriksaan rutin kesehatan.

Baca juga : Corona Getarkan Dunia, Anggota DPR Ini Tidak Takut

Baca juga : Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Bertambah, Saat Ini Sudah 6 Orang

Buktinya, Polres Tanjabbar, Dishub, Dinkes dan instansi terkait lainnya, Sabtu (14/3/20) melakukan pemeriksaan terhadap puluhan penumpang, di ruang tunggu berangkat di pelabuhan LLASDP.

Tak hanya diperiksa kesehatannya, tetapi juga di praktekan cara melakukan tindakan pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19, dengan memberikan cairan antiseptik pencuci tangan.

Baca juga : Hingga Kemarin, Orang Tertular Virus Corona Capai 98.192

Baca juga : Viral, Anaknya Ketahuan Merokok, Orang Tua Marahi Sang Guru

Kata Kapolres

Dikatakan Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro SIK MH, pemeriksaan kesehatan terhadap para penumpang di pelabuhan ini, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

“Kita bekerja sama dengan dinas kesehatan, stakeholder, ini dan dinas perhubungan.” Katanya.

Ia menambahkan, kegiatan memberi edukasi kesehatan, mulai dari mencuci tangan seluruh penumpang, yang akan menggunakan alat transportasi laut.

“Selain itu juga melakukan Bakti sosial, ketempat tempat ibadah, tempat umum pelabuhan roro dan pelabuhan LASDP.” Jelasnya.

Lihat juga video : Klik Disini

Selain memeriksa warga yang akan berangkat melalui pelabuhan LLASDP,  pihaknya juga tetap  fokuskan pada penumpang yang datang dari luar, seperti dari Batam.

“Kita berharap, para penumpang yang menggunakan sarana transportasi laut, baik yang datang maupun yang akan berangkat menuju ke tempat tujuannya, semuanya bersih, sehat dan terpapar dari Virus Corona.” Imbuhnya.

Baca juga : Didampingi Kapolres, Bupati Gelar Apel Pasukan Siaga Darurat Bencana

Baca juga : Ini Identitas Korban Yang Ditemukan Gantung Diri

Tak hanya itu, saat ini pihaknya setiap hari selalu update, terkait dengan data mengenai perkembangan masyarakat, yang mungkin terpapar ataupun terjangkit virus Corona.

“Alhamdulillah sampai saat ini, data dari Dinas Kesehatan masih minim ataupun masih nihil, terpapar virus Corona di Tanjung Jabung Barat.” Bebernya.

Untuk pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin, dalam melakukan pencegahan dan melaksanakan edukasi kesehatan, peduli kesehatan kepada seluruh masyarakat.

Baca juga : Hingga Kemarin, Orang Tertular Virus Corona Capai 98.192

Baca juga : Gegara Virus Corona, MotoGP Berpotensi Tanpa Penonton

“Baik yang menggunakan sarana transportasi laut, maupun di sekolah sekolahan, masyarakat dan pada tempat tempat umum lainnya.” Tuturnya.

Kabid Kesehatan

Sementara itu, secara terpisah Kabid Kesehatan Arida Santi Oren menuturkan, bahwa dinas kesehatan bersama Kapolres dan instansi terkait, akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang baik yang datang maupun yang akan pergi.

“Sasaran kita adalah pelabuhan pelabuhan masuk seperti LLASDP, Marina dan pelabuhan Roro. (hry)

Baca juga : Lagi Viral, Jalan Kaki Dari Jateng Demi Daki Gunung Kerinci