Senin (02/03) siang usai panen, santainya Wabup Sarolangun makan di pinggir sawah. Ia berharap, lahan kosong dapat digunakan untuk sawah. 

Usai Panen, Santainya Wabup Sarolangun Makan di Pinggir Sawah

Desa Membangun Pemerintahan Sarolangun

SAROLANGUN – Senin (02/03) siang usai panen, santainya Wabup Sarolangun makan di pinggir sawah. Ia berharap, lahan kosong dapat digunakan untuk sawah.

Wakil Bupati Sarolangun H Hilallatil Badri sekitar pukul 11.00 Wib bergegas mendatangi Dusun Padang Sungkai Desa Bukit Kecamatan Pelawan. Diiringi dengan mobil pengawalan Wabup langsung menuju dimana titik lokasi tempat warga kumpul.

Kedatangan mantan anggota DPRD Provinsi Jambi 2 periode itu, guna menghadiri panen raya padi sawah para petani.

Sebelum dilaksanakan panen raya, Wabup didampingi oleh Wakil ketua TP PKK Sarolangun Ny. Lili Suryani, Asisten II Dedi Hendri, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Sarolangun H. Sakwan.

Tampak pula Camat Pelawan Deni Subhan, dan Kepala Desa Bukit bergegas masuk ke dalam sawah untuk penyabitan padi pada panen perdana tahun ini.

Usai panen, Wabup bersama para pendampingnya langsung bertatap muka dengan para petani dibawah pohon rindang serta di angin spoi yang mana cuaca saat itu saat mendukung.

Tidak lama kemudian staf protokoler Sekretariat Daerah Sarolangun langsung membuka acara dengan sambutan Kepala Dinas TPHP.

Dihadapan orang nomor dua di Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko itu H. Sakwan mengatakan bahwa, pelaksanaan panen raya merupakan salah satu bentuk rasa syukur para petani setempat dengan hasil panen yang melimpah.

Dengan menggunakan bibit padi Inpari 30 para tani mampu melakukan panen sebanyak dua kali dalam satu tahun dengan hasil mencapai 7,1 ton per hektarnya.

“Hari ini kita melaksanakan panen raya padi sawah para petani di Dusun Padang Sungkai, Desa Bukit Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun, yang tergabung dalam 4 kelompok tani,” katanya.

Panen padi sawah, Wabup berharap lahan kosong dapat dimanfaatkan sebagai lahan sawah.
Panen padi sawah, Wabup berharap lahan kosong dapat dimanfaatkan sebagai lahan sawah.

Sementara itu Wabup mengatakan bahwa hasil panen padi sawah  ini terbilang cukup bagus. Selain berkat kerja keras dari petani dan pembinaan dari dinas terkait hasil itu juga merupakan nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa yang patut untuk disyukuri bersama.

“Alhamdulillah panen padi kali cukup banyak dan bagus tentu ini tidak lepas dari pembinaan yang dilakukan dinas terkait. Apalagi kalau kita lihat irigasi disini, cukup bagus sehingga sawah sawah tidak kekeringan,” katanya.

“Yang terpenting ini merupakan nikmat ridho Allah Swt, berkat kita yang selalu ingat kepada yang maha kuasa,” tambahnya.

Hasil Panen Sawah

Selain itu Wabup Hilal juga berharap hasil panen padi sawah para petani di Desa Bukit dapat terus meningkat. Diharapkan, hasil panen mampu memenuhi kebutuhan beras masyarakat sarolangun serta mampu mewujudkan visi misi pemkab Sarolangun untuk menjadi swasembada beras.

Lihat Juga : Video Realita Limbah Pabrik Sawit Penerima Penghargaan

Baca Juga : 500 Ha Lahan Eks PETI Disulap Jadi Sawah Hijau

Baca Juga : Petani Kaget, Yang Ikut Panen Padi Itu Ternyata Bupati

“Semoga hasil panen hari ini terus meningkat untuk kedepannya, dan saya juga berharap lahan lahan yang masih kosong bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian,” tandasnya.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama. Wabup dan petani makan bersama di sawah sebagai bentuk rasa syukur para petani dengan hasil panen padi sawah yang melimpah. (Ajk)