Aksi Bupati Duel Dengan Penagih Hutang Viral di Medsos

Aksi Bupati Duel Dengan Penagih Hutang Viral di Medsos

Berita Viral Nasional

ACEH – Beredar sebuah video, yang merekam aksi Bupati Aceh Barat duel dengan sekelompok warga, yang diduga adalah penagih hutang.

Baca juga : Bupati Tinjau Proyek Peningkatan Irigasi Rawa

Peristiwa itu terjadi di Pendopo Aceh Barat, pada Selasa kemarin (18/2/2020).

Dalam video yang berdurasi 01.34 menit itu, terlihat sebelumnya beberapa warga duduk semeja di Pendopo Bupati Aceh Barat menjelaskan terkait masalah uang, di tengah pembicaraan terjadi adu mulut hingga berujung adu jotos.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Lapor ke Polisi

Setelah video itu viral, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat berencana melaporkan pelaku penyebar video tersebut.

“Pemkab Aceh Barat berencana akan membawa masalah ini ke ranah hukum. Akibat penyebaran video tersebut dinilai telah mencemarkan nama baik bupati dan pemerintah daerah,” kata Kabag Humas Pemkab Aceh Barat Amril Nuthihar, Rabu (19/2/2020) dikutip dari kompas.com yang melansir Antara.

Ia menduga, video tersebut sengaja direkam menggunakan telepon seluler dan kemudian disebar luaskan melalui media sosial, sehingga menimbulkan kegaduhan publik di daerah ini.

Penjelasan Pemkab

Menurutnya, cara pelaku saat merekam kericuhan di pendopo diduga mengambil video untuk menunjukkan adanya pemukulan. Padahal, sambungnya, sama sekali tidak ada.

Diakuinya, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan ahli hukum terkait delik aduan yang akan dilaporkan kepada polisi.

Pemkab Aceh Barat berharap kepolisian dapat segera mengungkap siapa pelaku yang diduga merekam dan menyebarkan video itu ke publik, sehingga diharapkan kasus ini menjadi terang dan jelas nantinya.

Durasi Video

Sebelumnya diberitakan, video aksi duel Bupati Aceh Barat Ramli MS dengan sekelompok warga yang diduga penagih utang menjadi viral di media sosial.

“Bupati tidak memukul duluan, dan sekarang kasus itu sudah dilaporkan ke Polres Aceh Barat oleh Zahidin yang mengaku sebagai korban,” Kata Kabag Humas Pemkab Aceh Barat Amril Nuthihar saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu.

Menurut Amril, tiga saksi didampingi kabag humas telah melakukan klarifikasi sejak Selasa (18/02/2020) malam hingga dini hari di Polres setempat terkait aksi duel yang telah dilaporkan ke Polres setempat.

Videonya viral di Media Sosial

Video aksi adu jotos itu telah tersebar luas di jejaring media sosial.

“Kami sudah mengklarifikasi tadi malam, dan kami dampingi tiga saksi hingga dini hari tadi,” katanya.

Amril pun mengaku tidak mengetahui persis pemicu pertengkaran itu hingga berujung duel.

“Saya tidak tahu masalah utang seperti yang berkembang sekarang, tapi Bupati bukan yang memulai terjadi aksi adu jotos itu, ” ujarnya. (*)