Denda puluhan juta, leasing ini kembali bikin kening berkerut. Clipan Finance dalam suratnya menuliskan bisa tarik mobil meski sudah lunas?

Serius, Clipan Finance Bisa Tarik Mobil Meski Sudah Lunas?

Berita Bisnis Hukrim

MERANGIN – Bikin heboh denda mencapai puluhan juta, perusahaan pembiayaan ini kembali bikin kening berkerut. Clipan Finance dalam suratnya menuliskan bahwa bisa tarik unit mobil yang sudah lunas. Yang benar aja?

Hal ini didapatkan awak media dari surat bernomor 132/CFI-LIT/TGP/MUB/I/2020 bertanggal 27 Januari 2020. Surat berlogo perusahaan Clipan Finance itu ditujukan pada Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Indonesia (LPKNI) Merangin.

Dalam surat yang menanggapi permohonan nego denda yang diajukan pada leasing itu, tertuang permintaan maaf untuk tidak menyetujui permintaan pembayaran senilai Rp 5 juta. Surat tersebut memuat nilai pelunasan denda yang timbul senilai Rp 20 juta lebih.

Berita Terkait : Ngotot Denda Puluhan Juta, Leasing Ini Diseret ke Pengadilan

Baca Juga : Debt Colector Tarik Mobil, Warga Sarolangun Diturunkan di Jalan

Menariknya, masih dalam surat tersebut, memuat apabila tidak segera menyelesaikan seluruh kewajiban itu, leasing akan segera melakukan hak-haknya termasuk penarikan/pengambilan kembali objek perjanjian. Dalam kasus ini, unit tersebut adalah Xenia VVT-I Sporty tahun 2010.

Tak kalah menarik, adalah upaya hukum baik secara perdata maupun pidana yang akan dilakukan pihak pembiayaan.

Yang benar aja, leasing bisa menarik mobil meski sudah lunas?

Terkait hal ini, awak media mengkonfirmasi leasing. Namun sayangnya, Andre Hadiwijaya, AR Head Clipan Finance yang beralamat di Kabupaten Bungo itu mengaku tak tahu akan muatan surat tersebut, termasuk penarikan unit.

“Setau saya, surat itu dibuat oleh cabang kita. Legal kita. Yang bikin semua surat kan dari HO (Head Office atau kantor cabang,red),” bilang Andre saat dikonfirmasi, Senin (17/02/2020).

Baca Juga : Leasing di Jambi Tarik Mobil Telat 1 Bulan, Dilaporkan ke Polda

Lihat Juga : Kecelakaan Tunggal di Karmen, Pajero Masuk Semak

Terkait point dalam surat tersebut, Andre malah menanggapi berbeda.

“Mobilnya sudah lunas, gimana mau ditarik?,” katanya menjawab Dinamikajambi.com

Andre mengatakan, akan melihat dulu surat tersebut. Ia  seakan tak tau surat yang memuat namanya dan sekaligus Ia tandatangani itu.