Sukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020, Bupati Ajak Masyarakat

Sukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020, Bupati Ajak Masyarakat

Pemerintahan Tanjab Barat

TANJABBAR- Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial,MS mengajak seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat, untuk ikut dukung pelaksanaan sensus penduduk 2020.

Hal itu disampaikannya saat membuka secara resmi rapat koordinasi sensus penduduk yang diselenggarakan di Gedung Balai Pertemuan Kantor Bupati. Kamis (13/02).

Baca juga : Data Online Aman, Sensus SAD BPS Minta Bantu Pemda

“Saya mengajak segenap Jajaran Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat Tanjung Jabung Barat, mendukung penuh pelaksanaan sensus penduduk Tahun 2020 ini. ” ujar Bupati.

Ia berharap sensus penduduk ini nantinya, dapat terlaksana dengan tertib, lancar, dan sukses. Sehingga menghasilkan data yang valid atau berkualitas.

“Ini demi kepentingan pembangunan nasional dan daerah, yang tepat sasaran serta berkelanjutan.” Bebernya.

Kata Bupati, pada tahun 2020 ini untuk pertama kalinya BPS menerapkan metode kombinasi. Selain memanfaatkan data adminduk dari kemendagri sebagai data dasar, BPS juga libatkan masyarakat untuk input data secara mandiri secara sistem online.

“Pendataan secara online ini bertujuan, agar masyarakat dapat berpatisipasi dalam sensus penduduk serta mengedukasi kepada masyarakat, akan pentingnya data administrasi yang sejalan dengan program nasional Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA).” Ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati ingatkan akan pentingnya hasil sensus penduduk tahun 2020 yang merupakan sumber data nasional, dalam rangka perencanaan program kebijakan pembangunan bagi seluruh masyarakat, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Sementara itu, kepala Badan Pusat Statistik ( BPS) Tanjabbar, Wasi Riyanto, S.St, ME, mengatakan, bahwa pentingnya hasil sensus penduduk tahun 2020 sebagai sumber data kebijakan pembangunan masyarakat.

“Kita berharap seluruh jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat besinergi dalam rangka mensukseskan sensus Tahun 2020 ini. ” Katanya.

Wasi Riyanto juga jelaskan, bahwa dalam sensus penduduk 2020 ini terbagi menjadi 2 sistem, secara online dan wawancara. Untuk sensus penduduk secara online dapat dilakukan mulai Tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020.

“Sedangkan bagi penduduk yang belum melakukan sensus penduduk secara online, akan dilakukan sensus secara wawancara di bulan Juli 2020 nanti. Harapan kami bahwa penduduk yang melakukan sensus secara online dapat terjangkau.” Tuturnya.

Turut Hadir Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto S.IP, Ketua pengadilan agama Kuala Tungkal, Sekretaris Daerah, perwakilan Polres, dan para instansi terkait. (hms/hry)

 

Lihat juga video : Klik Disini