Gruduk Gedung DPRD Provinsi, Ini 5 Tuntutan Puluhan Petani Jambi

Gruduk Gedung DPRD Provinsi, Ini 4 Tuntutan Puluhan Petani Jambi

Berita Daerah Parlemen

JAMBI – Aliansi Forum Petani Plasma (AFPP) PT Tunjuk Langit Sejahtera Mersam Kembang Tanjung, dan kembang Paseban, datangi gedung DPRD Provinsi Jambi, Senin (20/1/2020).

Dalam unjuk rasa tersebut, puluhan petani yang tergabung dalam AFPP PT Tunjuk Langit Sejahtera Mersam Kembang Tanjung, dan kembang Paseban menyampaikan beberapa tuntutan kepala anggota DPRD Provinsi Jambi, agar dapat ditindaklanjuti.

Baca juga : Ratusan Petani Jambi Gruduk Gedung DPRD Provinsi Jambi, Ini Tuntutannya

Adapun tuntutan tersebut, yakni sebagai berikut ;

  1.  Nasib lahan petani yang terdahulu diserahkan ke PT tunjuk langit sejahtera namun sekarang belum dikonversi belum dilakukan penilaian teknis kebun, banyak lahan yang masih kosong atau tidak sesuai perjanjian.
  2. Hutang petani kepada Bank Mandiri yang belum jelas jumlahnya dikarenakan pinjaman tersebut tidak dipergunakan untuk menanam, memelihara kebun, hingga sampai saat ini belum ada pemberitahuan kepada petani.
  3. Sejauh mana tanggung jawab PT tunjuk langit sejahtera terhadap lahan petani yang belum ditempatkan secara sah.
  4. Replanting kebun kelapa sawit tahun 2019 di desa mersam dan kembang Tanjung yang dikoordinir oleh PT tunjuk langit sejahtera diduga melanggar hukum dan merugikan keuangan negara.

Baca juga : Ada Temuan, APKASINDO Sebut Pupuk Dari Pemerintah Untuk Petani Tak Sesuai

Diketahui, saat ini puluhan petani tersebut tengah melakukan Hearing dengan anggota dewan, terkait 4 tuntutan mereka tersebut. (Paw)