Perkuat Ekspor Produk Jambi, Dewan Kembali Temui Wamen Perdagangan RI

Tingkatkan Produk Jambi, Dewan Kembali Temui Wamen Perdagangan RI

Berita Bisnis Berita Jambi Parlemen

JAMBI – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara kembali bertemu Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan RI, Jerry Sambuaga pada Jum’at kemarin (17/01/2020). Ha ini guna melanjutkan pembicaraan, terkait peningkatan ekspor produk Jambi.

Pada pertemuan sebelumnya, saat acara HUT Ke-63 Provinsi Jambi beberapa waktu lalu, keduanya pernah membicarakan persoalan yang sama, yakni bagaimana cara meningkatkan ekspor produk Jambi kedeapnnya.

“Saat ini Jambi memiliki banyak produk yang bisa di ekspor, contoh misalnya kopi, coklat, kulit manis, kelapa, kelapa sawit, pinang, banyak lagi yang lain,” kata Pinto saat dikonfirmasi.

Oleh karena itu, ia meminta dukungan dari Kementerian perdagangan melalui Wakil Menteri Jerry Sambuaga, agar nanti bisa memperkenalkan produk-produk Jambi ke pasar internasional.

“Kita berupaya ada kerjasama agar produk-produk Jambi layak dan memenuhi syarat untuk di ekspor ke pasar internasional,” jelasnya.

Baca juga : Hadiri HUT Jambi, Wamen Dorong Exspor Komoditas Jambi

Pinto menambahkan, Wakil Menteri Perdagangan RI itu juga bersedia memfasilitasi pangsa pasar bagi  Medcom.id eksportir Jambi, termasuk menyiapkan kader-kader muda calon eksportir, yang nantinya akan di bekali dengan pelatihan-pelatihan.

“Awal Februari 2020 mendatang, Wakil Menteri Perdagangan akan berkunjung ke Macau dan Hong Kong untuk membuka, dan meresmikan tempat perdagangan di macau dan Hongkong,” ujarnya.

Menurutnya Pinto, di Macau dan hongkong cukup banyak Warga Negara Indonesia (WNI), bahkan ada asosiasinya.

“Produk pangan seperti beras, kentang, kopi, coklat, termasuk juga produk hasil UMKM, seperti pempek, sambal tempoyak, produk olahan lainnya berpotensi untuk di ekspor ke pasar internasional.” Imbuhnya. (Paw)