Didatangi AHN Jambi, Dewan Akan Panggil 3 Dinas Ini

Didatangi AHN Jambi, Dewan Akan Panggil 3 Dinas Ini

Berita Daerah Parlemen Pendidikan

JAMBI – Usai mendengar keluhan Aliansi Honorer Nasional (AHN) Provinsi Jambi, terkait gaji honorer pada Jum’at kemarin (17/01/2020), Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto akan panggil 3 Dinas terkait.

Edi menyampaikan, dalam pertemuannya kemarin beberapa guru honorer yang tergabung dalam Aliansi Honorer Nasional (AHN) Provinsi Jambi, meminta pihaknya untuk Revisi UU terkait pengangkatan tenaga honor jadi PNS.

“Ia menyampaikan kepada kita minta revisi UU dan peraturan presiden tentang pengangkatan honorer menjadi tenaga PNS, kemudian tentang jaminan kesehatan,” Kata Edi.

Ketua DPRD itu menambahkan, sebelumnya ia juga pernah menyampaikan ke Fraksi untuk memperjuangkan jaminan kesehatan, dan insentif tambahan bagi tenaga honorer.

“Kalau yang kewenagan Provinsi 2021 akan kita bahas, karena anomali ketika kita bicara membuat UMR, UMP disatu sisi kita gaji para guru honorer kita sendiri tidak UMR, dan tidak UMP jadi tidak masuk akan begitu,” jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya akan mencoba berkomunikasi dengan kepala BKD untuk merasionalisasikan, dan mengkompilasikan berapa total keseluruhan honorer yang ada di Provinsi Jambi.

“Jangan sampai nanti UMP kita rendah. Penerimaan honorer banyak, sehingga kekuatan APBD kita tidak mencukupi,” terangnya.

Baca juga : DPW AHN Minta DPRD Provinsi Jambi Perjuangkan Gaji Tenaga Honorer

Ia kembali menegaskan, akan memanggil Kepala BKD dan beberapa dinas terkait, dalam waktu dekat ini untuk merealisasikan hal tersebut.

“Dalam waktu dekat akan kita panggil Kepala BKD, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, karena yang punya relasi sampai ke bawah mereka. Akan kita coba diskusi terkait hal ini,” Imbuhnya. (Paw)