Zola Tak Cerita Pada Mendagri Soal Desakan Dewan, Hakim : Itu Ibu Kalian

Zola Tak Cerita Pada Mendagri Soal Desakan Dewan, Hakim : Itu Ibu Kalian

Berita Daerah Hukrim

JAMBI – Mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifki kembali dihadirkan, dalam sidang ketok palu RAPBD tahun 2017-2018, di Tipikor Jambi, Selasa (14/01/2020).

Kali ini, Zola dihadirkan sebagai saksi terdakwa 3 mantan anggota DPRD Provinsi Jambi, yakni Zainal Abidin, Effendi Hatta, dan Muhammadiyah.

Saat ditanyakan oleh majelis hakim, suami Sherrin Tharia  itu menyebut bahwa dirinya tidak mengetahui, bagaiamna teknis pembangunan uang ketok palu tersebut.

Dirinya juga mengakui, bahwa keputusan yang diambil waktu itu salah. Namun, hal tersebut bagaikan simalakama untuk yang kala ini menjabat sebagai gubernur.

“Keputusan itu saya sadar salah, tetapi itu adalah pilihan yang dihadapkan kepadanya dan harus diambil. Karena jika tidak disahkan APBD, maka masyarakat yang akan dirugikan,” ujarnya.

Selanjutnya, saat dicerca pertanyaan apakah kala itu dirinya tidak membicarakan desakan dewan yang minta uang ketok palu itu kepala Mendagri ?

Zola mengaku memang tidak pernah membicarakan hal tersebut kepada Mendagri.

“Tidak, saya tidak bicara dan cerita apapun pada Mendagri,” imbuhnya.

Mendengar pernyataan tersebut, Hakim Ketua menguraikan salah jika seorang gubernur tidak menceritakan masalahnya pada Mendagri. Karena Mendagri adalah tempat bagi Kepala daerah setiap Provinsi mengadu, soal permasalahan yang dihadapi.

“Kalau begitu anda anda juga salah, seharusnya anda ceritakan pada Mendagri, biar mereka juga ikut memikirkannya.” Jelas Hakim pada Zola.

Menurut hakim, Mendagri adalah orang tua dari gubernur untuk menceritakan setiap permasalahan yang dihadapi, termasuk soal desakan dewan yang minta jatah saat pengesahan anggaran di Jambi kala itu.

“Mendagri itu ibu kalian, seharusnya kalian bisa ceritakan semua permasalahan pada mereka.” Sebutnya. (Nrs)