Launching Kantor PUSPAGA di Batanghari, Ini Harapan Bupati

Launching Kantor PUSPAGA di Batanghari, Ini Harapan Bupati

Batanghari Pemerintahan

MUARA BULIAN – Bupati Batanghari yang diwakili oleh Asisten I, Hendri Jumiral membuka secara resmi Launching Kantor Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Kabupaten Batanghari, Senin (13/01/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Pasar Keramat Tinggi Muara Bulian, dihadiri oleh para Kepala OPD, Asisten Setda, Ketua TP-PKK Batanghari, Kepala BPJS Kesehatan, Camat Muara Bulian, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan tujuan dasar penyediaan layanan PUSPAGA adalah untuk menjawab berbagai permasalahan keluarga, yang timbul ditengah-tengah masyarakat.

Hal itu seperti tindak kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh orangtuanya, ibu atau ayah tiri, kerabat, guru dan temannya.

“Maka sangat disadari bahwa diperlukannya upaya untuk menyatukan dua kekuatan, antara tanggung jawab orangtua dan kewajiban negara untuk membantu, serta mengatasi permasalahan keluarga dalam penguatan dan pembentukan lembaga penyedia layanan peningkatan kualitas keluarga.” Katanya.

Ia menambahkan, hal ini juga untuk mewujudkan kesetaraan gender dan hak anak tingkat Kabupaten, dalam suatu wadah yang disebut One Stop Servis (layanan satu pintu) keluarga.

Holistik Integratif berbasis hak anak, yaitu meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh, dan melindungi anak.” Tambahnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap dengan Launchingnya Kantor PUSPAGA ini dapat memberi manfaat bagi warga, di lingkungan Pasar Keramat Tinggi Kelurahan Pasar Baru Muara Bulian, khususnya masyarakat Kabupaten Batanghari pada umumnya.

“Ini adalah wujud dari kepedulian kita dalam meningkatkan kehidupan keluarga, serta memberikan perlindungan dan pengasuhan terhadap hak anak.” Ujarnya.

Selanjutnya, melalui program pendidikan atau pengasuhan keterampilan ini menjadikan orangtua untuk melindungi anak.

“Serta kemampuan meningkatkan partisipasi anak dalam keluarga, maupun penyelenggara program konseling bagi anak dan keluarga,” harapnya.(Ali kucir)