Oknum dewan di Merangin diduga ikut bermain tambang emas ilegal

Duh, Oknum Dewan Asal Muara Siau Ikut Main PETI?

Berita Politik Hukrim

MERANGIN – Maraknya aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di kawasan Luhak 16, khususnya Kecamatan Muara Siau dan sekitarnya, ternyata ada keterlibatan oknum anggota DPRD Kabupaten Merangin di dalamnya. Mirisnya lagi, oknum dewan tersebut merupakan warga sekitar, Desa Pasar Muara Siau, Muara Siau.

Diketahui, oknum dewan itu bernama Edi Khairul Fahmi, ‘bermain’  PETI sejak 2017 lalu. Fahmi disebut memiliki dua unit alat berat, jenis ekspator untuk aktivitas PETI.

“Dulu aktivitas (PETI) nya di kawasan Sungai Landur, Muara Siau. Sekarang sudah merambah ke Sungai Arau, Rantau Panjang,” ungkap RA, sumber yang minta  identitasnya dirahasiakan.

Tentunya, kata RA, hal ini berpengaruh dengan sumber air bersih warga. Selain tangkapan ikan di sungai yang berkurang. “Sungai saat ini sudah keruh, ikan terganggu air keruh, ikan berkurang,” keluhnya.

Lebih lanjut RA berharap proses penegakan hukum berlaku untuk oknum anggota dewan, tanpa ‘pandang bulu’. Sehingga tidak ada kesan pembiaran, karena aktivitas ini sudah terjadi bertahun-tahun yang lalu.

“Semoga aparat kepolisian  dapat menyilidiki hal tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga : Lagi, PETI di Merangin Makan Korban

Sementara itu, Fahmi terkesan mengelak saat dikonfirmasi soal keterlibatannya ikut bermain PETI. “Saya masih di Jakarta, lagi ada urusan, tunggu saya balik bae wawancaranya,” kata politisi PDIP ini saat dihubungi melalui sambungan telepon miliknya, Minggu (12/1).

Hingga berita ini dirilis, Dinamika Jambi belum berhasil mendapat tanggapan dari Ketua DPRD Merangin, Herman Effendi. (rdc)