Bawaslu Provinsi Launching Buku Refleksi Pemilu 2019, Ini Isinya

Berita Daerah Berita Politik

JAMBI – Bawaslu Provinsi Jambi adakan kegiatan launching buku, dengan tema “Refleksi Bawaslu Provinsi Jambi Pada Pemilihan Umum Tahun 2019 dan Launching Buku Bawaslu Provinsi Jambi”. Bertempat di Bw Luxury Hotel Kota Jambi, Kamis (26/12/2019).

Dalam kegiatan ini hadir Komisioner Bawaslu RI Rahmat Bagja, SH, LL.M Divisi Sengketa, hadir juga ketua dan komisioner Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi R, Wein Arifin, Afrizal, Rafiqoh Febrianti, dan Fahrul Rozi.

Dalam kesempatan ini, Asnawi selaku Ketua Bawaslu Provinsi Jambi menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan merefleksi semua kegiatan pemilihan umum, yang telah di laksanakan pada tahun 2019.

Dimana, dalam pelaksanaan pemilu 2019 ini, terdapat kelebihan dan juga kekurangan. Sehingga Bawaslu Provinsi Jambi memerlukan masukan, dan dukungan dari berbagai pihak untuk lebih baik lagi kedepannya.

“Kami juga butuh masukan dan dukungan dari semua pihak. Baik itu dari mahasiswa, akademisi, organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan.” Kata Asnawi.

Selain itu, pihaknya juga melaunching buku yang memuat semua tentang Bawaslu Provinsi Jambi, mulai dari sejarah berdirinya, materi tentang pengawasan, penindakan, pencegahan, dan sebagainya.

Artinya, semua yang berkaitan dengan kepemiluan dimasukan dalam buku tersebut.

“Ini nanti kita dokumentasikan di perpustakaan wilayah, maupun di kabupaten/kota. Dengan harapan bisa memberi masukan referensi bagi kalangan mahasiswa, akademis dan organisasi kepemudaan dan masyarakat tentang kepemiluan.” Jelasnya.

Untuk itu, demi menjaga integritas pengawasan dalam Pemilu kedeapnnya, Asna menghimbau kepada seluruh ASN untuk menjaga netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang.

Sementara itu, Rahmat Bagja selaku Komisioner Bawaslu RI mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu Provinsi Jambi, yang telah sukses telah sukses melaksanakan Pemilu 2019 lalu.

“Jika ada yang kurang kedepan bisa di evaluasi dan di perbaiki. Dalam memperbaiki ini, tentu semua pihak harus support dan mendukung, baik dari mahasiswa, akademisi, perguruan tinggi dan organisasi kepemudaan yang ada khususnya di jambi.” Ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa buku yang di Launching Bawaslu Provinsi Jambi ini sangat baik, bisa memuat semua tentang kepemiluan.

“Hendaknya buku ini ada di perpustakaan wilayah, maupun di perpustakaan kabupaten/kota. Terutama perpustakaan Bawaslu sendiri. Ujarnya. (Paw)