12 Narapidana Tanjabbar Dapat Remisi Natal, Satu Bebas

Berita Jambi Hukrim Tanjab Barat

TANJABBAR – Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas II B Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjabbar, di usulkan akan mendapat remisi khusus (RK I) dalam perayaan Natal tahun 2019.

Remisi natal itu khusus diberikan kepada narapidana beragama Kristen dan Katolik sebanyak 12 orang tersebut.

Kepala Rutan Kelas II B Kuala Tungkal, Imam Siswoyo, Bc.IP, SH melalui Kasi Binadik dan Giatja, Hazzuwann Affandi, SH mengatakan, dalam hari besar keagamaan Kristiani pada tahun 2019 ini. Telah mengusulkan pemberian remisi kepada 12 warga binaan yang beragama Kristen.

” Yang beragam kristen disini sebanyak 25 orang, yang mendapat remisi hanya 12 orang,” Ujar Hazzuwan.

Saat ditanya kenapa dari 25 narapidana hanya 12 orang yang mendapat remisi, kata dia karena 12 orang tersebut yang baru memenuhi syarat sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

” Dari 12 orang warga binaan satu orang mendapatkan Remisi Khusus (RK 2), dimana potongan remisi yang didapat langsung menghabiskan sisa pidana. Jadi saat pemberian remisi yang bersangkutan langsung bebas,” Ungkapnya.

Ia menjelaskan, dari 12 orang narapidana tersebut, beberapa orang ada yang pelanggaran pidana umum, sebagian lagi adalah narkotika.

” Ada pun besaran remisi atau pemotongan yang bakal diterima 12 warga binaan tersebut, bervariasi ada yang 1 bulan, 15 hari hingga satu bulan 15 hari. Pemberian remisi ini, akan dilakukan pada tanggal 25 Desember pada saat upacara.” Sebutnya.

Ditambahkannya, tujuan dari pemerintah mengharapkan dengan diberikan remisi diharapkan warga binaan dapat melaksanakan program pembinaan yang sudah disiapkan oleh kalapas.

Ia berharap pemberian remisi memacu narapidana lain untuk berkelakuan baik. Sebab kelakuan baik merupakan salah satu syarat agar narapidana mendapat remisi.

“ Intinya mereka harus punya komitmen kuat untuk menjadi pribadi yang lebih baik,” Pungkasnya.(hry)