tki terlantar di dubai

Terlantar di Bandara Dubai, TKI Ini Selamat Karena Posting di Facebook

Berita Viral

JAKARTA – Ahmad Yani, seorang TKI asal Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, telantar di Bandara Dubai, Jumat (13/12/2019), karena terpisah dari rombongan agen.

Namun, TKI perkapalan itu bisa diselamatkan berkat unggahan (posting) anggota DPR RI, Dedi Mulyadi, di Facebook. Dedi yang kini menjadi Wakil Ketua Komisi IV itu kepada Kompas.com via sambungan telepon, Jumat, menceritakan, saat itu ia baru pulang dari Konferensi Perubahan Iklim di Madrid, Spanyol.

Ketika transit di Bandara Dubai, ia menemukan seorang pria yang sedang kebingungan. Pemuda itu tidak bisa diajak bicara. Ditanya namanya pun tampak kebingungan. Pemuda itu hanya bicara bahwa ia ingin pulang bertemu dengan ibunya di Labuan Bajo, NTT.

Dedi pun mencoba mencari identitas pemuda itu di tasnya dan menemukan dokumen ijazah madrasah aliyah. Pria itu bernama Ahmad Yani dan dia bekerja di perkapalan. Dia terbang dari Mauritius dan transit di Bandara Dubai untuk selanjutnya terbang ke Indonesia.

Ternyata, kata Dedi, Ahmad Yani itu terpisah dari rombongan. Ia awalnya bersama rombongan agen tenaga kerja terbang dari Mauritius menuju Dubai. “Tapi ketika tiba di Bandara Dubai, dia terpisah sehingga kelimpungan,” kata Dedi.

Akhirnya setelah internet tersambung, Dedi kemudian mengunggah foto dirinya bersama Ahmad Yani dengan ditambah narasi bahwa ia bertemu seorang pria yang belakangan diketahui bernama Ahmad Yani pada pukul 08.45 waktu Dubai.

Pria itu mengalami masalah tiket dan paspor karena terpisah dari rombongan. Rupanya, unggahan Dedi itu dibaca agen yang kebetulan berteman dengan Dedi di Facebook. Agen itu seorang perempuan bernama Lily. “Kemungkinan dia (Lily) jadi pengikut saya di Facebook sehingga bisa membaca postingan saya,” kata Dedi.

Ternyata Lily diketahui juga berada di Bandara Dubai. Ia pun sedang mencari Ahmad Yani. Namun, karena Bandara Dubai sangat luas, pencarian Ahmad Yani tidak membuahkan hasil.

Berkat unggahan Dedi itu, akhirnya Ahmad Yani bisa bertemu kembali dengan Lily di bandara sehingga dia bisa pulang ke Jakarta pada Sabtu pagi.

Sumber : klik disini