Masih Jadi Asisten I Setda Provinsi Jambi, Apani Terima SK Plt Kasatpol PP

Berita Daerah Provinsi

JAMBI – Dua pejabat yang belum dilantik oleh Gubernur pada 25 November hasil assesmen pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi lalu, akhirnya dilantik juga.

Pelantikan yang berlangsung di ruang Sekda, Senin (09/12/2019) ini dilakukan langsung oleh Sekda Provinsi Jambi, M.Dianto mewakili Gubernur Jambi.

Adapun dua pejabat yang dilantik tersebut, yakni Edi Kusmiran yang sebelumnya menjabat Kepala Satpol PP Provinsi Jambi, dan Emi Nopisah Sekretaris DPRD (Sekwan) Provinsi Jambi.

Nama Edi Kusmiran sendiri, dilantik sebagai Kepala Bagian (Kabag) Administrasi di Biro Pemerintah.

Seperti yang dikatakan M. Dianto, Jabatan tersebut merupakan hasil asesmen beberapa bulan yang lalu. Dirinya pun tidak mengerti apa-apa, mengingat ia tidak pernah dilibatkan, baik dalam Non Job pejabat, maupun proses demosi tersebut.

“Ini hasil Assesmen kinerja pada beberapa bulan lalu,” kata Sekda.

Untuk diketahui, Jabatan yang kini diduduki oleh Edi Kusmiran adalah eselon III. Itu artinya, mantan Kasatpol PP Provinsi Jambi itu turun Jabatan atau di Demosi.

Sementara Emi Nopisah, masih tetap menjadi beberapa tengge di jabatan yang lama, yakni sebagai Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi.

Saat ditanyakan mengapa Emi tak di Demosi, Sekda menjawab bahwa hal itu sudah tercantum pp 11 tahun 2011. Dimana bagi babatan yang lebih dari lima tahun, dapat diperpanjang karena kompetensi atau kebutuhan organisasi.

“Ini karena lebih lima tahun untuk ini pp 11 tahun 2011 dapat diperpanjang karena kompetensi dan kebutuhan organisasi,” jelasnya.

Namun ada yang mengejutkan dalam proses pelantikan tersebut, dimana Apani Saharuddin selaku Asisten I Setda Provinsi Jambi, menerima SK sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kasatpol PP Provinsi Jambi.

Tentu hal ini menjadi pertanyaan besar bagi publik, apa benar Apani yang akan mengisi pejabat senentar Kasatpol PP tersebut? Entahlah. (Nrs)