Ciptakan Jiwa Nasionalisme, Lewat Membudayakan Bahasa Indonesia

Daerah Pendidikan

JAMBI – Kantor Bahasa Provinsi Jambi, menggelar diskusi kelompok terpumpun finalisasi pengawasan, dan pengendalian bahasa media massa di Provinsi Jambi.

Kegiatan diskusi ini digelar di Hotel Shang Ratu Kota Jambi, Senin (09/12) ini turut dihadiri oleh organisasi media massa yang ada di Jambi, seperti Aliansi Jurnalis Independent (AJI), Ikatan Wartawan Online (Iwo) Provinsi Jambi, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Kepala LKBN Antara Provinsi Jambi.

Dikatakan oleh Saiful Bahri Lubis, selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi bahwa menggunakan bahasa Indonesia, bukan berarti tidak keren.

Akan tetapi, menggunakan bahasa Indonesia, baik dalam komunikasi dua ruang, maupun di media massa yang ada di Provinsi Jambi.

“Mungkin sebagian orang menganggap menggunakan bahasa asing, itu lebih keren. Tapi menurut saya, menggunakan bahasa Indonesia, itu adalah cara kita menunjukkan jiwa nasionalisme kita, yakni dengan cara mencintai dan membiasakan diri dengan menggunakan bahasa Indonesia.” Kata Saiful Bahri saat membuka kegiatan diskusi tersebut.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa menggunakan bahasa Indonesia, bukan berarti bahasa asing itu tidak penting. Akan tetapi akan lebih baiknya, selaku masyarakat Indonesia, hendaknya menggunakan bahasa nasional sendiri.

“Siapa lagi yang akan mengenalkan bahasa kita Indonesia, kalau bukan masyarakat nya sendiri. Bahkan dalam aturan Perpres pun, ketika presiden berpidato di Negara asing, diharuskan menggunakan bahasa Indonesia,” sebutnya.

Oleh karena itu, Saiful menghimbau dan mengajak seluruh media massa di Provinsi Jambi, agar memperioritaskan bahasa Indonesia, dalam penyajian sebuah berita.

“Karena bagi kami, media lah yang sebenarnya memperkenalkan setiap bahasa Indonesia yang baik kepada masyarakat, bukan kami.” Imbuhnya seraya menutup penyampaiannya dalam membuka kegiatan. (Nrs)