Hampir 1 Tahun Terbengkalai, RTH Taman Anggrek Akan Diresmikan Juga

Daerah Viral

JAMBI – Terkait peresmian Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Anggrek yang hingga saat ini belum ada kepastiannya, kondisi fisiknya semakin tak terurus.

Sebelumnya diketahui, RTH Taman Anggrek ini rencananya akan diresmikan pada 22 Januari 2019 lalu. Namun terus ditunda dengan berbagai alasan, sehingga baru dapat dilakukan saat ini.

Seperti yang dikatakan Sekretaris M. Dianto saat ditemui awak media beberapa waktu lalu, alasan ditundanya peresmian RTH Taman Anggrek ini, dikarenakan masih ada perbaikan. Sehingh pihak pekerjanya minta waktu untuk melakukan perbaikan.

“Ya ini berdasarkan usulan dari rekan-rekan media juga, kami hari ini langsung meninjau RTH Taman Anggrek Sri Soedewi di Telanaipura ini. Seperti yang kita lihat,tadi Kabid Cipta Kary mengatakan akan menambah selter pada jembatan RTH ini, karena saat dilalui, jembatannya goyang.” katanya.

Oleh karena itu, dikatakannya bahwa Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta waktu untuk mengerjakan pemasan selter tersebut.

“Jadi tadi, Kabid Cipta Karya PUPR Provinsi Jambi akan melakukan pembangunan selter dan tonggak penahannya selama 14 hari. Jadi insyaAllah setelah perbaikan ini selesai, akan segera diresmikan.” tuturnya.

Namun sejalan dengan hal itu pula kondisi fisiknya dilapangan terlihat sudah mulai rapuh. Lantainya pun ada yang lepas, dan sekelilingnya kotor dipenuhi dengan dedaunan yang jatuh dari pohon-pohon yang ada disekitarnya.

Apalagi saat terjadi hujan yang disertai dengan angin kencang, membuat taman yang dulunya dipagar denga seng rusak, dan roboh.

Seperti yang terlihat saat ini, disekelilingnya tidak lagi berpagar seng, akibat cuaca hujan dan angin yang terus menerpanya.

Tak hanya itu, beberapa bagian disekliling taman itu pun banyak yang sudah rusak.

Disisi lain banyak pula yang beranggapan, jika terlalu lama dibiarkan, maka sangat ditakutkan kondisinya akan lapuk dan rusak.

Menanggapi hal tersebut, kabarnya RTH yang setelah sekian bulan dibiarkan hari ini akan diresmikan oleh gubernur Jambi.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh, Kabid bina marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Ir Tetap Sinulingga saat dijumpai pada acara peringatan hari Bakti PU pada Minggu kemarin (01/12/2019).

“Ya besok itu selesai upacara hari bakti PU, kita ke makam pahlawan, dan sekalian meresmikan RTH Taman Anggrek,” katanya.

Sementara itu, dalam jadwal kegiatan gubernur Jambi, Fachrori Umar juga sudah akan menghadiri sekaligus meresmikan, RTH Taman Anggrek tersebut pada Selasa hari  ini (03/12/2019). (Nrs)