Maju di Pilkada, Bupati/Walikota Hanya Cuti Bukan Mundur

Daerah Politik

JAMBI – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Jambi 2020 mendatang, tampaknya banyak Kepala Daerah, seperti Bupati/Walikota yang berkeinginan ikut mencalonkan diri, sebagai Bakal calon di pesta demokrasi tersebut.

Tak hanya itu saja, beberapa dari mereka pun, tampak ada yang sudah terjun langsung ke lapangan, baik mendaftar ke Partai Politik, maupun melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Menindaklanjuti hal tersebut, tidak sedikit pula dari masyarakat yang mempertanyakan, bagaimana dengan jabatan kepala daerah, yang tengah disandangnya.

Apakah hal itu tidak menggangu kinerja mereka, dalam melakukan visi misi yang telah dijanjikan kepada masyarakat saat mencalonkan diri, sebagai calon Bupati/Walikota sebelumnya.

Selain itu juga, bagaimana kebijakan Pemerintah, khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghadapi hal tersebut. Mengingat, saat seorang Kepada Daerah mencalonkan diri pada pemilu, seperti Pemilihan Gubernur Jambi mendatang yang mayoritas nama-nama yang muncul adalah kepala daerah kabupaten kota di Provinsi Jambi.

Melihat hal tersebut, Komisioner KPU Provinsi Jambi, Sanusi mengatakan bahwa untuk Kepala Daerah, seperti Bupati/Walikota yang berkeinginan untuk mencalonkan diri di Pilkada, maka harus mengambil cuti saat masa kampanye.

“Kalau untuk Bupati/Walikota di Provinsi Jambi, yang ingin mencalonkan diri itu hanya cuti saat masa kampanye. Berbeda kalau mereka mencalonkan diri, di luar Provinsi Jambi, itu baru harus Memundurkan diri dari jabatannya.” Kata Sanusi saat dikonfirmasi awak media jelang Rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi, Jum’at (29/11/2019).

Bagaimana jika nanti mereka kalah, apakah masih diperbolehkan untuk kembali menjabat lagi?

Sanusi menjawab, bahwa setiap kepala daerah yang ikut mencalonkan diri di Pilkada, itu hanya cuti masa kampanye. Setelah selesai, maka ia akan kembali lagi ke jabatannya.

“Iya, kalau dia kalah itu kembali lagi ke jabatannya sebagai kepala daerah, baik itu bupati, maupun walikota,” jelasnya. (Nrs)