Viral, Warga Temukan Emas Batangan Dengan Ukiran Mirip Soekarno

Nasional Viral

BONE – Geger penemuan emas batangan, dengan wajah Ir Soekarno di Bone. Fakta lain diungkap pihak berwajib.

Warga Desa Pinceng Pute, Kecamatan Ajangale, Bone dihebohkan dengan penemuan emas batangan dengan ukiran wajah yang mirip Ir Soekarno.

Menurut Kepala Desa Pinceng, Sudirman dirinya menemukan emas tersebut berdasarkan mimpi yang didapatnya. Namun, semua pernyataan Sudirman dibantah polisi dengan fakta berikut ini.

Warga Bone digegerkan dengan penemuan benda yang diduga lempengan emas batangan.

Penemuan tersebut berada di Dusun Kampung Lau, Desa Pinceng Pute, Kecamatan Ajangale, Bone.

Bahkan gambar emas batangan tersebut sempat jadi perbincangan netizen di media sosial (Medsos).

Dilansir dari TribunBone.com, Desa Pinceng Pute adalah desa yang berjarak sekitar 45 kilometer arah utara Kabupaten Bone.

Menurut Kepala Desa Pinceng, Sudirman mengatakan potongan lempengan kuning berbentuk emas berupa batangan, keris dan permata itu ditemukan melalui mimpinya.

Satu keris yang ditemukan itu tepat berada di bawah pohon asem, sedang tujuh lempeng yang diduga emas dan koin yang diduga emas sebanyak tiga keping di temukan di bawah pohon lontar yang berada di persawahan. Sedang lima buah permata ia temukan di sekitar rumahnya.

“Saya dapat berkat petunjuk dari mimpi. Memang banyak yang tidak percaya termasuk polisi yang datang kerumah,” kata Sudirmam, dikutip dari TribunBone.com.

Barang tersebut telah diserahkan pada Datuk Pangeran dari Malaysia Sri Baginda Andi Nurdin Al Alamin Bin Sri Baginda Datuk Tiro.

Namun hal yang berbeda disampaikan oleh Wakapolsek Ajangale, Ipda Achmad Alfian.

Mantan Kanit Resmob Polres Bone ini menyebutkan, itu bukanlah emas dan tidak ditemukan dalam mimpi, melainkan hanya kuningan biasa.

“Penemuan itu bukan emas, itu hanya lempengan dan barang titipan dari orang,” kata Ipda Alfian Rabu (27/11/2019), dikutip dari TribunBone.com.

Sebelumnya di media sosial viral mengenai kabar penemuan emas batangan dan beberapa benda lainnya yang juga terbuat dari emas.

Bahkan ada satu gambar yang menunjukkan lempengan emas tersebut terdapat gambar pahatan mirip Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Kepala Desa Pinceng Pute Sudirman

Penemuan yang diduga emas tersebut pertama kali diunggah oleh akun Instagram @makassar_iinfo pada Kamis (27/11/19).

Dalam keterangan unggahan tersebut, @makassar_iinfo menuliskan mengenai lempengan emas yang terdapat gambar Soekarno.

“Warga Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan digegerkan oleh penemuan puluhan batang logam mirip emas batangan yang diklaim merupakan harta karun peninggalan Presiden RI pertama Ir Soekarno,” keterangan unggahan @makassar_iinfo.

Namun kepastian tersebut dibantah oleh pihak yang berwajib karena tidak menemukan bukti yang menunjukkan adanya penemuan benda-benda yang terbuat dari emas tersebut. (Tribunnews.com)