Intip ‘Dapur’ Sang Juara Festival Angso Duo 2019 Mie Ayam

Bisnis Profil

JAMBI – Festival Mie Ayam Angso Duo Tahun 2019 yang digelar di Car Free Day Tugu Keris Siginjai, menjadi hari yang tak terlupakan bagi Sulaiman. Momen itu, Ia meraih juara 1 dari 32 peserta yang ikut dalam festival yang disponsori Bogasari.

Festival yang dibuka langsung Wali Kota Jambi, Syarif Fasha dan Ketua DPRD Provinsi, Edi Purwanto itu pada Minggu (13/10/2019) pagi dirangkai berbagai acara. Mulai dari lomba mewarnai, donor darah, lomba makan, stand sponsor hingga lomba antar penjual mie ayam yang dimenangkan Sulaiman, pemilik Mie Ayam Kebumen Sulaiman.

“Alhamdulillah. Bangga, bisa berbagi ilmu,” ungkap Sulaiman, Sabtu (09/11/2019) siang saat dibincangi awak media.

Untuk diketahui, juara pertama dari 42 peserta itu yakni dengan nomor urut gerobak 24 Sulaiman mendapatkan juara 1 dengan hadiah senilai Rp 1,5 juta. Juara Kedua gerobak nomor urut 03 Mie Bowl (Mie Acong) mendapatkan 1 juta dan Juara Ketiga nomor urut 14 Pantani (Mie Kebumen).

Bilang pria kelahiran November 1994 itu, menjadi juara berdampak pada penjualan usahanya. Omset Mie ayam dan bakso naik 20 persen. Tentu saja, dengan pelanggan baru.

Selain dinilai dari sajian, tim penilai yang terdiri dari Bogasari, Kanggaro dan pihak lainnya, juga dinilai dari gerobak, kebersihan dan pelayanan.

Dibincangi DinamikaJambi.com, Sulaiman ternyata bukan penjual mie ayam biasa. Ia pernah mengikuti Jambi Expo 2015 dan pernah jadi pemateri dalam seminar yang digelar Indofood di Bogasari Cooking Class 2019.

Sulaiman sendiri merantau ke Jambi dan menjadi penjual mie ayam hingga dia mulai buka sendiri, Mie Ayam Kebumen pada 2012 silam. Dalam proses tersebut, Ia terus belajar hingga jadi langganan pekerja hingga pimpinan perusahaan.

Mie Ayam Kebumen yang beralamat di Jalan Halim Perdanakusuma nomor 20, Sungai Asam, Kecamatan Pasar Jambi, Kota Jambi memiliki menu terbaik dengan harga Mie Ayam Ceker Rp 12.000/porsi.

Ada 8 porsi mie ayam dari harga 10 ribu hingga full Rp 24.000. Juga tersedia bakso dan minuman yang dapat dinikmati dari pukul 10.00 Wib hingga pukul 18.00 Wib. Selain dapat dipesan lewat Ojek Online (Ojol), Mie Ayam Sulaiman juga menerima paket pesanan yang dapat dihubungi lewat nomor telpon 081994443600.

Resep Rahasia

Nah, bicara ‘dapur’ alias resep, Sulaiman membuka sedikit rahasianya. Pertama pada tekstur mie yang lebih ramping namun tetap dengan porsi yang sama.

“Pelanggan saya itu kebanyakan suka karena tekstur mie ini. Lebih ramping, terlihat enak. Makannya pun lebih cepat. Beda dengan ukuran besar, terlihat banyak. Walau kecil, tapi jumlah atau porsinya sama,” katanya seraya mengambarkan cara makan.

Kelebihan ini, ternyata masih punya rahasia lagi. Sulaiman memesan tekstur mie lebih kecil, plus tambahan resep saat memesan mie pada pembuatnya, Mudofir, pengrajin Mie Ayam Kebumen.

“Mienya beda. Ada rasa gurih saat kita makan. Jadi, bukan hanya tepung saja saat buat mie. Ada tambahannya,” katanya seraya meminta resep dirahasiakan.

Juara Festival Mie Ayam Angso Duo 2019
Juara Festival Mie Ayam Angso Duo 2019

Selain itu, ada bumbu racikan dalam penyajian. Bilangnya, setiap penjual mie ayam memang memiliki cara yang berbeda-beda setiap penjualnya. Kemudian pada daging, Sulaiman memilih memotong dengan model kotak-kotak.

“Seperti kaldu, itu salah satu kunci mie ayam itu enak,” paparnya.

Kebersihan, bilang Sulaiman merupakan hal penting dalam usaha Mie Ayam. Pelanggan saat menilai kebersihan tempat maupun makanan. Ia menyarankan pada penjual mie ayam lain untuk menjaga hal itu.

“Itu sangat penting, sekali. Termasuk dengan pelayanan,” katanya. (Erw)