Fachrori 80 Persen, Segini Popularitas CE Versi Ketua DPD Demokrat

Daerah Politik

JAMBI – Proses penentuan bakal calon kandidat yang akan masuk dalam Bursa calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2020 mendatang, sepertinya masih memerlukan waktu yang cukup lama.

Hingga kini, tahapnya pun masih berada pada proses awal, dimana masing-masing calon menunggu bagaimana hasil survei dari Partai Politik, baru bisa menentukan, perahu mana yang akan membawanya untuk berlabuh sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilgub mendatang.

Nah sejauh ini, tampak beberapa bakal calon kandidat sudah banyak yang mendaftarkan diri di Partai Politik yang tengah membuka pendaftaran, atau penjaringan Bacakada untuk Pilgub Jambi mendatang. Akan tetapi, proses ini pasti akan melewati waktu yang cukup lama, baru bisa ditentukan siapa saja nama-nama yang akan mengisi kursi kompetisi dalam merebut tahta tertinggi di Provinsi Jambi kedepan.

Saat dikonfirmasi, salah satu Ketua partai yang kini sudah mengantongi beberapa nama bakal calon, yang sudah mendaftarkan diri untuk memohon dukungan di Pilgub Jambi mendatang, perlahan mukai angkat bicara.

Dikatakan Burhanuddin Mahir, Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi, menyebut bahwa hingga saat ini dirinya sudah bisa melihat bagaimana konsistensi popularitas dari masing-masing bakal calon kandidat, tentunya bagi nama-nama yang sudah mendaftar di Partai yang dikomandoi itu.

Pria yang akrab disapa Cik Bur itu mengungkapkan, bahwa saat ini beberapa bakal calon kandidat, sudah masuk ke dalam surveinya. Hasilnya, dari beberapa yang mendaftar, hampir keseluruhan memiliki popularitas yang sangat memuaskan.

Dirinya mengakui, bahwa saat ini untuk nama-nama yang saat ini menjabat menjadi Kepala Daerah 2 periode, itu dikatakan popularitasnya sudah diatas 70 persen, hanya saja Fachrori yang dinilai 80 persen.

Itu artinya, nama-nama seperti Al Haris, H. Cek Endra, Syarif  Fasha, dan Fachrori Umar memiliki peluang besar untuk diusung dari partai besutan Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Hanya saja tinggal menunggu hasil survei, seberapa tinggi elektabilitas dari bakal calon tersebut, baru bisa menentukan siapa nantinya yang akan diusung.

Disebutnya, bahwa untuk seperti nama CE itu sudah dipastikan popularitasnya itu diatas 70 persen, karena hal itu juga didasari dengan jabatannya sebagai bupati 2 Periode.

“Ya jelas itu, itu diatas 70 persen semua. Itu Bupati 2 periode semua kok,” kata Cik Bur saat dikonfirmasi Dinamikajambi.com, Sabtu (09/11/2019) sore.

Bagaiman nanti CE yang diusung dari Partai Demokrat, kira-kira siapa yang akan diusulkan menjadi wakil ? Cik Bur menjawab, tergantung bagaimana hasil survei nantinya. Mengingat saat ini, pihaknya hanya memiliki satu-satunya kader internal, yakni Asyafri Jaya Bakri (AJB).

“Kita lihat bagaimana hasil surveinya. Kalau Internal dari partai Demokrat, baru hanya ada satu calon, yaitu untuk wakil, AJB.” Imbuhnya.

Apakah AJB yang akan diusulkan berpasangan dengan CE dari partai Demokrat? Pria yang tengah menjabat sebagai wakil ketua DPRD Provinsi Jambi itu, masih belum bisa memastikannya. Karena ingin melihat dulu, kemana arah yang cocok untuk dipasangkan di Pilgub Jambi mendatang.

“Nanti kita gandenglah, nanti kesini, kesini. Mana yang cocok kan,” pungkasnya. (Nrs)