Belasan Penderita HIV/AIDS Ditemukan di Tanjabbar

Pemerintahan Tanjab Barat

TANJABBAR – Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat gencar melaksanakan kegiatan VCT (voluntary counselling and testing) atau bisa diartikan sebagai Konseling dan Tes HIV Sukarela (KTS).

Hasilnya dari triwulan I hingga triwulan IV tahun 2019, Dinkes menemukan sebanyak 13 orang positif menderita HIV/AIDS.

Kabid P2P Dinas Kesehatan Tanjabbar dr. Johanes melalui Yundri S. Km., M. Km Penanggungjawab HIV/AIDS Dinkes Tanjabbar menuturkan, kegiatan VCT Mobile sebagai upaya meminimalisir penyebaran HIV/AIDS dilakukan dua kali dalam setahun.

” kegiatan VCT ini kita lakukan dengan mendatangi Lapas Kelas II B, Cafe-Cafe yang beroperasi di wilayah Tanjabbar,” beber Yundri.

Ia juga menyebut, hasil Screening Faktor HIV/AIDS yang sudah dilakukan pemeriksaan hingga oktober 2019. Untuk didalam Tes HIV atas Inisiasi Petugas Kesehatan dan Konseling (TIPK), di Tanjabbar yang sudah menjalani pemeriksaan bagi ibu hamil ada 916 orang, warga binaan lapas 169 orang, LSL 5 orang, Waria 3 orang, PSK 24 orang dan lainnya pasien Infeksi Menular Seksual (IMS) sebanyak 552 orang.

“Di tahun 2019 ini dari triwulan I hingga triwulan IV ditemukan ada 13 orang positif HIV/AIDS. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2018 yang jumlahnya 8 orang penderita,” kata Yundri.

Disinggung warga mana saja yang tertular Virus HIV ini, Yundri menyebut jika sebagian dari Penderita merupakan warga Tanjabbar.

“Ada warga Tanjabbar tapi kebanyakan dari penderita, merupakan warga pendatang,” Katanya.

(Hry)