Siswa SMAN 1 Tebo Daur Ulang Sampah Jadi Patung

Daerah Featured Pendidikan

JAMBI – Sampah merupakan masalah yang tidah pernah habis jika dibahas. Namun solusi sampah, terus digulirkan sejumlah pihak dari berbagai kalangan. Termasuk, yang dilakukan mahasiswa ini di salah satu sekolah di Kabupaten Tebo.

Vovy Poelai, yang tercatat pernah di Universitas Negeri Padang ini tengah mengedukasi para siswa di SMA Negeri 1 Tebo. Ia mengajarkan siswa-siswi memanfaatkan kertas tak bermanfaat untuk jadi karya atau barang bermanfaat.

“Jadi, limbah buku atau kertas tidak terpakai itu kita aduk jadi bubuk. Kita rendam beberapa hari. Kita kasih lem, pasang kerangka, jadi patung,” kata Vovy, Rabu (06/11/2019).

Setelah melalui proses tersebut, patung seperti kumbang, capung hingga kupu-kupu yang dibuat, akan melalui proses pewarnaan.

Bilang Vovy, hasil karya dari olahan kertas akan dipamerkan di sekolah tersebut pada akhir bulan November ini. Ada 4 kelas yang mengikuti kegiatan ini yakni 3 kelas dari tingkat akhir, 1 kelas dari siswa di kelas 1 dan 2 yang disebut kelas kriya.

Tujuan ini juga sebagai praktek siswa untuk berkarya. Dengan kegiatan, siswa diharapkan siap mewakili siswa. Target ini, untuk menghasilkan produk-produk.

Siswi di SMAN Tebo tengah membuat patung kumbang.
Siswi di SMAN Tebo tengah membuat patung kumbang.

“Kelas Kriya ini ada 2 kelas praktek, kelas 3 dimensi dan kelas 2 dimensi. Kalau ada lomba, akan mewakili sekolah salah satu. Target, kita bisa menghasilkan produk-produk sekolah. Finalnya, di pameran atau kita jual untuk kegiatan,” paparnya.

Dengan kegiatan ini, Vovy berharap para siswa juga dapat lebih peduli pada barang tak bermaanfaat lainnya. Selain itu pula, juga diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian para siswa terhadap lingkungan hingga mengurangi produksi sampah yang terus menjadi momok lingkungan. (Erw)