Hindari Razia, 3 Pengendara Saling Seruduk di Tugu Keris

Daerah Hukrim

JAMBI – Seakan menghindari razia, Senin (04/11), sekitar pukul 08.00 WIB, terjadi tabrakan beruntun antara 3 pengendara sepeda motor. Kejadian tersebut saat Operasi Zebra 2019 yang digelar oleh Sat Lantas Polresta Jambi, tepatnya di Jalan Jendral Basuki Rachmat, depan Rumah Sakit Mitra, kawasan Tugu Keris Sigingai, Kecamatan Kota Baru.

Adapun ketiga pengedaran tersebut menggunakan sepeda motor merk Nex bernomor polisi BH 3694 TT, dengan Supra BH 5911 NW, dan satu unit sepeda motor Vario BH 3913 UT.

“Saya di tabrak dari belakang pak,” kisah seorang pria yang menggunakan sepeda motor Nex BH 3694 TT.

“Alasan saja. Kamu pengen mutar balik kan,” ujar salah satu petugas kepada pemuda tersebut.

Awalnya, ketiga motor itu dari arah yang sama, yakni dari simpang tiga lampu merah Kota Baru yang hendak menuju Tugu Keris Siginjai secara bersamaan.

Tiba-tiba, salah satu pengendara sepeda motor (Nex BH 3694 TT, red) yang paling depan berhenti mendadak, hingga dua motor yang berada di belakangnya langsung menabrak, dan terjadinya tabrakan beruntun.

“Bapak itu ngerem mendadak, jadi kami kaget,” sebut salah satu pengemudi lainnya.

Melihat kejadian tersebut, petugas langsung mendekat dan membantu para pengendara. Petugas juga melakukan tindakan tilang kepada sepeda motor merk Nex BH 3694 TT karena telah melanggar aturan berlalu lintas karena hendak melawan arus, guna menghindari kegiatan razia.

Kasumit I Turjawali Sat Lantas Polresta Jambi, Ipda Sarno turut membenarkan adanya kejadian tersebut. Hal itu disebabkan karena para pengendara yang panik saat melihat petugas melakukan razia dan mengakibatkan laka lantas. “Dia tadi panik karena ngerem mendadak,” terangnya.

Sarno juga menghimbau, agar para pengendara tidak menghindar dari oprasi zebra yang digelar oleh petugas. Apalagi hingga berputar arah, karena membahayakan pengendara lainnya.

“Jangan takut dan coba menghindar, lewati. Yang penting patuh dalam berlalu lintas. Lebih baik di tilang dari pada putar arah,” tegas Kasumit I Turjawali Sat Lantas Polresta Jambi itu.

Diketahui, dalam kurun waktu dua jam, Sat Lantas Polresta Jambi mengeluarkan 49 tindakan, yang terdiri dari 33 lembar STNK yang diamankan, serta 6 SIM, dan 10 kendaraan roda dua diamankan petugas karena tak memiliki kelengkapan dalam berkendara.
(Rdy)