Blangko KTP-el Terbatas, Disdukcapil Kerinci Keluarkan 3.128 Suket

Kerinci Pemerintahan

KERINCI – Terbatasnya distribusi blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri ke seluruh Indonesia mengakibatkan Kabupaten/kota mengalami kekurangan Blangko KTP-el.

Walaupun begitu, Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kerinci, tetap melayani masyarakat yang ingin melakukan perekaman, meskipun nantinya masyarakat hanya diberikan surat keterangan (Suket) sementara yang berlaku hanya enam bulan saja.

Plt Kepala Disdukcapil Kerinci, melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Zulkismi,SE, mengatakan, keterbatasan blangko KTP-el sudah dialami setelah Pelaksanaan Pemilu Serentak April lalu.

“Akibat keterbatasan Blangko KTP-el tersebut, maka kami memprioritaskan untuk hal-hal yang mendesak dan perekaman baru,” kata Zulkismi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (9/10/2019).

Ditambahkannya, namun begitu untuk kebutuhan masyarakat akan bukti administrasi kependudukan, pencetakan untuk pengganti KTP-el yang rusak, hilang, penggantian elemen data maka pihaknya mengeluarkan Surat Keterangan Pengganti Tanda Identitas (Suket).

Suket berbentuk kertas berukuran HVS tersebut bisa digunakan sama seperti KTP-el, baik itu untuk kebutuhan pembuatan rekening bank, paspor, dan lainnya. Hal ini dilakukan atas perintah dan Edaran dari Kementerian Dalam Negeri RI, untuk mengatasi keterbatasan blanko KTP-el yang hampir dialami diseluruh daerah Indonesia.

“Tapi Suket ini hanya berlaku selama enam bulan saja, dan jika masa berlakunya sudah habis masyarakat diminta segera melaporkan ke Disdukcapil untuk diperpanjang masa berlakunya,” ungkapnya.

Jadi, sejak bulan Agustus hingga sekarang, maka pihaknya telah mengeluarkan Suket sekitar 3.128 lembar.

Sedangkan terkait kapan tersedia kembali blangko E-KTP, Zulkismi memprediksi pada tahun 2020 mendatang.

“Bila tersedia kembali blangko E-KTP, maka kita akan prioritas kepada masyarakat yang sudah memiliki Suket,” tutup Zulkismi.

(Jul)