Lewat FGD Revitalisasi, Disdik Dorong Perkembangan SMK di Provinsi Jambi

Daerah Featured Pendidikan

 

JAMBI – Dalam rangka meningkatan daya saing sumber daya manusia pada pelajar SMK sederajat di Provinsi Jambi, Dinas Pendidikan melalui Bidang Pembinaan SMK, menggelar kegiatan FGD Penyusunan Peta Jalan Revitalisasi SMK Provinsi Jambi. Bertempat di O Duo Weston Hotel Kota Jambi, Senin (07/10/2019) pagi.

Kegiatan FGD Penyusunan Peta Jalan Revatilisasi SMK ini, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sejda Provinsi Jambi, M. Dianto sekitar pukul 08.00 wib tadi pagi.

Dikatakan oleh Kepala Bidang (Kabid) SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Bukri bahwa FGD Penyusunan Peta Jalan Revitalisasi SMK ini, merupakan tahun ketiga setelah disahkannya Inpres tahun 2016 lalu. Dimana saat ini masih dalam proses pengerjaan, dengan harapan tahun ini dapat diselesaikan.

“Nah di dalam ini nanti, akan ada pembagian tugas yang jelas dari OPD, dan Perusahaan yang menjadi stekholder dalam pengembanngan SMK di Provinsi Jambi ini. Sehingga SMK ini nanti, betul-betul berkembang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan Indutri yang ada di Provinsi Jambi.” Kata Bukri saat ditemui Dinamikajambi.com.

Selain itu, setiap SMK yang ada di Provinsi Jambi juga akan di dorong, agar dapat bekerja dan melanjutkan pendidikan, serta menjadi Wirausahawan.

“Selain bekerja, anak-anak ini nanti juga akan disiapkan untuk melanjutkan pendidikan, dan menjadi Wirausahawan.” Tambahnya.

Meski demikian, beberapa SMK yang saat ini belum memiliki kerjasama dengan pihak Perusaan, menjadi kendala Disdik Provinsi Jambi, terutama Bidang Pembinaan SMK untuk mendorong rencana pengembangan tersebut.

Tidak hanya itu saja, kurangnya tenaga kerja kejuruan di bidang SMK, juga membuat dilema Dinas Pendidikan dalam melakukan mengembangkan proses pengembangan SMK yanga ada di Provinsi Jambi.

Oleh karena itu, Bukri menyampaikan kedepan pihaknya akan melalukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi yang ada di Jambi, agar kebutuhan tenaga kerja untuk SMK ini dapat ditambah lagi.

“Melalui Dikdi, kita akan membuka kerjasama dengan Perguruan Tinggi yang ada di Jambi, untuk menyiapkan guru-guru kejuan ini. Baik itu melalui percepatan, atau membuka Fakultas baru yang khusus untuk menghasilkan guru-guru SMK.” bebernya.

Selanjutnya, bagi sekolah-sekolah yang belum melakukan kerjasama dengan perusahaan, diharapkan dapat secepatnya melaksanakan hal itu. Karena dengan demikian, pengembangan siswa-siswi SMK ini dapat terlaksanakan secara menyeluruh.

“Ya memang untuk langkah ini, sekolah sudah melakukan MoU dengan perusahaan-perusahaan. Artinya tidak lagi dengan perusahaan lokal saja, akan tetapi juga dengan perusahaan Nasional dan Internasional.” paparnya.

Saat pembukaan kegitan FGD Penyusunan Peta Jalan Revitalisasi SMK Provinsi Jambi, di O Duo Weston Hotel, Senin (07/10/2019)

Sementara itu, M. Dianto selaku Sekda Provinsi Jambi juga berharap dengan adanya FGD Penyusunan Peta Jalan Revitalisasi ini, dapat mengembangkan SDM siswa SMK, sehingga dapat bersaing secara nasional.

“Kami berharap, melalui FGD Penyusunan Peta Jalan Revitalisasi SMK Provinsi Jambi ini, nantinya dapat meningkatkan sumber daya manusia yang ada di Provinsi Jambi ini.” Pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari, yang dimulai dari tanggal 06 hingga 08 Oktober 2019. (Nrs)