Peduli Ponpes, Bupati Cek Endra Akan Bantu Dana Operasional

Pemerintahan Sarolangun

SAROLANGUN – Program Keagamaan yang di pelopori oleh Bupati Sarolangun H.Cek Endra terus dilakukannya, dimulai dari memakmurkan Masjid, membangun Masjid Raya setiap Kecamatan itu merupakan program unggulan Bupati Sarolangun selain di budang infrastruktur.

Tiidak hanya itu saja, H.Cek Endra juga melakukan perhatian terhadap keberadaan pondok pesantren di Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko, tahun depan semua pondok pesantren akan mendapatkan bantuan operasional dari Pemkab Sarolangun.

Hal itu dikatakan Bupati Sarolangun Cek Endra kepada para awak media saat berkunjung ke pondok pesantren Babussalam, Kecamatan Air Hitam, Selasa (01/10/2019) setiap pondok pesantren akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 5 juta, yang akan dianggarkan pada APBD tahun 2020 mendatang.

“Insya allah tahun depan kita akan bantu dana operasional, tadi malam saya sudah perintahkan Bappeda untuk menganggarkan, dan dana operasional ini akan diperuntukkan untuk membantu honor para pengasuh dan guru di pondok pesantren, sehingga bisa menambah kesejahteraan para pengasuh,” jelasnya

Disamping itu, Pemkab Sarolangun juga akan menyerahkan bantuan lahan seluas 5 hektar untuk lokasi usaha setiap pondok pesantren.

“Apalagi yang paling penting juga ada pengasuh dan guru kita bantu honorer, sehingga bisa menambahkan kesejahteraan para pengasuh pondok pesantren, 5 juta Per pondok disamping kita menyerahkan lahan 5 hektar per pesantren. Lahan setiap pondok ini memiliki lahan usaha, hak itu tergantung permohonan dan kemampuan anggaran,” katanya.

Ia berharap kedepan para santri yang ada di pondok pesantren mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi kedepannya.

“Ya ini program kita memakmurkan mesjid ini untuk membangun sarana ya seperti mesjid, termasuk bagaimana pondok ini hidup semua dengan santri-santri yang cukup, bagaimana masyarakat di sekitar Ponpes ini mondok disini, kita lihat tadi hampir 200 lebih santrinya, dengan adanya pondok disini bisa menjadi wadah bagi anak untuk terus meningkatkan pendidikan agama,” katanya.

(Ajk)