Nilai Jual CPO Masih Rendah, Harga TBS Sawit di Jambi Minggu Ini Naik

Berita Bisnis Berita Daerah

JAMBI – Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawi saat ini merupakan perbincangan hangat di kalangan masyarakat, terutama di Provinsi Jambi yang mayoritasnya adalah berpenghasilan dari tanaman tahunan yang bisa dipanen 2 Minggu sekali itu.

Tak hayal, para petani yang ada di Provinsi Jambi pun terus berharap, agar harga TBS kelapa sawit ini dapat  diperjuangkan, sehingga perekonomian mereka tidak terancam.

Oleh karena itu, dalam sepekan kedepan masyarakat seyidaknya bisa merasa lega, karena harga jual sawit di Provinsi Jambi mengalami kenaikan.

Hal ini terlihat berdasarkan hasil rapat penetapan harga TBS Kelapa Sawit Provinsi Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, bersama perusahaan dan Instansi terkait, Kamis (26/09) kemarin yang  mengalami kenaikan.

Untuk periode tanggal 27 September hingga 03 Oktober 2019 mendatang, terhitung harga rata-rata  CPO Rp.6.422,25, Inti Sawit Rp. 3.168,28, dan Indeks K  86,72%. Sedangkan harga TBS umur 10-20 tahun sebesar Rp. 1.362,87 perkilogram.

Dari persentase diatas, harga TBS sawit untuk periode 27 Setember hingga 03 Oktober, mengalami kenaikan sebesar Rp. 3,87 perkilogram.

“Terjadi kenaikan harga sebesar Rp. 3,87 perkilogram, dari periode Minggu lalu.” kata Bidan PSPHP Disbun Provinsi Jambi pada Dinamikajambi.com, Jum’at (27/09/2019) sekitar pukul 11.30 wib.

Sedangkan untuk kenaikan harga rata-rata TBS menurut umur tanaman, sebesar Rp. 3,63 perkilogram.

Sementara itu, dikatakan Ketua Bidang Komunikasi GAPKI Tofan Mahdi, bahwa harga jual CPO saat ini masih terbilang rendah. Tak dikenakannya tarif saat ini justru dianggap untuk mendukung perkembangan industri sawit nasional.

“Harga minyak sawit sepanjang tahun 2019 memang masih sangat rendah dan pemerintah pasti sudah mempertimbangkan dengan baik semua aspek sebelum mengambil keputusan tersebut,” kata Tofan kepada CNBC Indonesia, Kamis (26/9/2019) dikutip dari CnbcIndobesia.com.

Berikut harga TBS Kelapa Sawit berdasarkan umur tanaman, Periode 27 September hingga 03 Oktober 2019 :

Harga TBS sawit di Provinsi Jambi berdasarkan umur tanaman

(Nrs)