Pilkades serentak di Tanjabbar bakal seru, lantaran didominasi para petahana.

Didominasi Petahana, 56 Desa Di Tanjabbar Akan Gelar Pilkades Serentak

Berita Daerah

TANJABBAR – Pesta demokrasi pemilihan kepala desa dimulai. Pilkades secara serentak tahap ketiga pada 17 Oktober 2019 mendatang, didominasi petahana di 56 desa yang ada di Kabupaten Tanjabbar.

Setelah pendaftaran bakal calon (balon) kepala desa (kades) ditutup pada Sabtu (31/08/19) lalu, diketahui sebagian besar petahana dipastikan kembali maju bertarung pilkades di 56 desa 12 Kecamatan di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan itu.

Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan (PMD) H. Mulyadi, M.Kes melalui Plt. Kabid Pemdes Tamri Eriadi, ST mengatakan, proses pendaftaran cakades sudah ditutup.

Namun masih ada yang perpanjangan pendaftaran pilkades Tanjabbar, karena calon masih kurang dari 2. Karena calon minimal 2 dan maksimal 5 orang.

“Dan dari 56 desa itu masih didominasi oleh calon petahana yang ikut maju lagi dan Ada juga incumbent yang tak ikut lagi,” kata Tamri.

Kata dia, masing-masing desa itu ada bakal calon yang melakukan pendaftaran rata-rata 2-5 orang per desanya ada juga desa calonnya lebih dari 5 orang.

Usai ditutupnya pendaftaran perpanjangan ini lanjut Tamri, akan dilakukan verifikasi penelitian berkas persyaratan calon oleh Pemdes dari tanggal 20-23 September 2019.

Baca Juga : Polisi Ini Pilih Pensiun, Demi Ikut Bertarung di Pilkades

Baca Juga : Sekdes di Tanjabbar Bersuami 2, Kades : Sudah Saya Peringatkan

“Desa yang calon berlebih akan dilakukan ujian seleksi untuk menentukan 5 calon,” kata Tamri.

Setelah berkas balon dinyatakan lengkap, kata dia, maka balon kades itu ditetapkan menjadi calon kades yang bakal diumumkan pada tanggal 24 sampai denga 26 September.

Lihat Juga : Bupati Buka Festival Kampung Senaung

“Mereka yang lolos ini lah yang bertarung pada pemungutan suara 17 Oktober mendatang,” Sebutnya.

(hry)