Pelantikan MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jambi, Sabtu (14/09/2019) di Rumah Dinas Gubernur Jambi dihadiri jajaran PP dari berbagai daerah seperti MPC Muaro Jambi dan Kota Jambi.

Ternyata, Inilah Kenapa Pemuda Pancasila Berwajah Preman dan Sangar

Daerah Viral

JAMBI – Kesan sangar, garang dan preman melekat pada Pemuda Pancasila (PP). Tampang keras itu ternyata ada alasannya. Namun belakangan, transformasi PP bakal jadi ramah dan mandiri.

Memberikan sambutan pada Pengukuhan dan pelantikan MPW PP Provinsi Jambi periode 2018-2023, Sekretaris Jendral MPN PP, Arif Rahman mengungkapkan kesan preman yang dimulai dari awal berdirinya Pemuda Pancasila.

Sekjen MPN Pemuda Pancasila, Arif Rahman saat diwawancarai wartawan usai Pengukuhan dan Pelantikan MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jambi, Sabtu (14/09/2019) di Rumah Dinas Gubernur Jambi
Sekjen MPN Pemuda Pancasila, Arif Rahman saat diwawancarai wartawan usai Pengukuhan dan Pelantikan MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jambi, Sabtu (14/09/2019) di Rumah Dinas Gubernur Jambi

“Saya ceritakan sedikit, Pemuda Pancasila ini dilahirkan dari keluarga besar ABRI. Oleh Jendral Nasution, Jendral Gatot Subroto, Jendral Ahmad Yani melalui Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1959. Makanya dicari orang yang preman-preman,” bilangnya saat memberikan sambutan Ketua Umum, Sabtu (14/09/2019) malam di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Ancol, Kota Jambi.

Dulu, Pemuda Pancasila diminta menyiapkan kekuatan. Saat itu, dikatakan Arif, Ketua MPW dari Sabang sampai Merauke merupakan preman-preman.

“Preman-preman, jagoan-jagoan semua. Karena dulu itu, gak mungkin orang pintar dulu itu melawan komunis, mengorok komunis, membunuh komunis,” katanya disambut aplaus.

Seiring waktu, Pemuda Pancasila yang sudah mengakar, bertransformasi menjadi ramah dan didorong untuk kebudayaan hingga ekonomi kerakyatan.

“Bagaimana Pemuda Pancasila harus kreatif, inovatif. Bisa melihat situasi dan kondisi. Bagaimana mengembangkan potensi budaya. Ini bisa membawa Jambi go internasional,” katanya pada sejumlah awak media usai acara pelantikan.

Selain itu, Pemuda Pancasila juga didorong untuk pemberdayaan ekonomi. Misalkan pada kerajinan tangan, dikelola dengan baik, membuat pusat cinderamata.

Berita Lainnya : Bersama IWO Soppeng, Pemuda Pancasila Salurkan Bantuan Korban Banjir

“Misalkan pada kerajinan tangan, dikelola dengan baik. Tadi saya sudah minta ke Ketua, lokasi untuk tempat sentra industri kecil. Tempat jual makanan, cafe-cafe, ciri khas Jambi supaya terpusat. Jadi kalau ada orang Jakarta datang, mencari khas Jambi, bisa datang ke tempat tersebut,” paparnya.

Berita Lainnya : Aklamasi, Aidi Hatta Resmi Komandoi MPC PP Muaro Jambi

Bilangnya, ini juga merubah kesan atau imej Pemuda Pancasila yang preman dan sangar menjadi Pemuda Pancasila yang mandiri, kreatif dan inovatif.

(Erw)