Tak Hanya Loker di Jambi, Job Fair Juga Akan Buka Pendaftaran Kerja ke Luar Negeri

Berita Bisnis Berita Daerah

JAMBI – Jelang pelaksanaan Jambi JOB Fair 2019 mendatang, Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Penetapan Tenaga Kerja Produktivitas (PPTKP) Dinas Nakertrans (Disnakertrans) Provisnsi Jambi, Cikmas Hadi Salsa sebut angka pengangguran di Jambi menurun, dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 2018.

Dirinya mengatakan bahwa pada tahun 2019 ini, angka pengangguran di Provinsi Jambi menurun dengan persentase mencapai sebesar 3,65 persen. Dibandingkan dengan tahun 2018 periode Agustus, yakni berkisar sebesar 3,82 persen.

“Hal ini tentu jauh lebih menurun tahun ini, dibandingkan tahun 2018 lalu. Adapun jumlah penganggurannya sendiri, yakni berkisar sebanyak 67 ribu orang.” kata Cimas pada awak media, Kamis (29/8/19).

Pertemuan di Dusnakertrabs jelang pembukaan Job Fair

Kabit Disnakertrans itu juga mengatakan, bahwa dalam rangka penyerapan lapangan kerja, banyak program yang dirasakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Mulai dari pembangunan-pembangunan yang dilaksanakan, hingga penyerapan yang dilakukan oleh pihak swasta.

“Selain itu, banyak juga tenaga kerja kita yang bekerja keluar negeri. Jadi sekarang ini banyak sekali tenaga kerja kita yang kerja keluar negeri, seperti ke Jepang, Singapura dan negara-negara lainnya.” jekasnya.

Salah satu penanggulangan pengangguran yang dilakukan Pemprov Jambi, yakni dengan cara pembukaan Job Fair tersebut.

Dengan begitu, masyarakat yang tidak mengetahui adanya lowongan kerja di perusahaan-perusahaan tersebut, lewat Job Fair ini nanti akan ditemukan langsung antara masyarakat dan pihak perusahaannya.

“Sehingga nantinya, pendaftar atau pelamar yang tentunya memenuhi syarat yang ditentukan oleh perusahaan, maka akan bisa dapat kerja.” imbuhnya.

Selain itu, Job Fair ini juga nanti akan diikutsertakan perusahaan-perusahaan yang menyerap tenaga kerja, untuk bekerja ke luar negeri.

“Itu ada Perawat dan segala macamnya tadi, itu juga aka buat langsung ada pendaftaran disana.” ujarnya.

Tidak hanya itu, Disnakertrans nanti juga akan membuat stand, untuk pendaftaran bagi masyarakat yang ingin magang ke Jepang.

“Dimana nanti untuk pendaftarannya akan dilaksanakan sampai tanggal  27 September 2019, dan seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 21 sampai 25 Oktober 2019.” tandasnya.

Untuk diketahui Job Fair ini akan diisikan di Jambi Town Square (Jamtos), dengan tema “Melaui Job Fair 2019 Mari Kita Wujudkan Jambi TUNTAS 2021,”

(Nrs)