Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Polres Tanjabbar Gelar Operasi Patuh 2019

0
156

KUALA TUNGKAL – Kepolisian Resor Tanjabbar dalam waktu dekat akan menggelar Operasi Patuh 2019. Operasi ini dlaksanakan serentak di seluruh Indonesia untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan raya dan menekan angka pelanggaran lalu lintas.

Kapolres Tanjabbar AKBP. ADG Sinaga, S.IK melalui Kasat Lantas IPTU Eko Sutoyo, SH mengungkapkan Operasi Patuh 2019 dilaksanakan selama 14 hari.

” Mulai tanggal 29 Agustus sampai tanggal 11 September 2019,” kata IPTU Eko Sutoyo.

Kata Eko, Tujuan utamanya untuk keselamatan pengendara kendaraan bermotor itu sendiri. Jika pelanggaran berkurang, maka keselamatan berkendara akan meningkat.

” Operasi ini digelar untuk menurunkan pelanggaran lalu lintas, dan melalukan tindakan preventif sedini mungkin, persuasif dan penegakan hukum pengendara kendaraan bermotor agar disiplin, tertib dan safety,” Himbaunya.

Dijelaskannya, sasaran Operasi Patuh 2019 adalah pengendara Sepeda Motor Roda dua yang melawan arus, Plat nomor tidak sesuai spectec atau aslinya, Pembonceng tidak memakai helm atau dua-duanya, Motor Harus Lajur kiri apabila ada kanalisasi, Melanggar lampu merah. Naik Motor lebih dari dua orang, Menyalakan lampu disiang hari dan kelengkapan lainnya.

” Sedangkan untuk Pengendara Mobil juga kena operasi Patuh 2019, diantaranya sasarannya adalah Plat Nomor harus sesuai, Tempel Logo atau simbol pada plat nomor, Pakai Rotator, Sirine pada mobil, Tidak pakai sabuk pengaman.” Sebutnya.

Sementara untuk angkutan umum tidak luput dari Operasi ini dengan sasaran, naik turunkan penumpang tidak pada tempatnya, Mobil plat hitam dilarang narik penumpang/ngompreng, Melanggar Tanda letter P, Melanggar letter S, Melanggar lampu merah.

“Biasakan disiplin dari diri sendiri dalam berlalulintas dan jaga keselamatan diri dan orang lain. Biasakan safety riding dan patuhi rambu lalu lintas jalan raya. Semoga operasi patuh 2019 bisa menekan pelanggaran lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di Kabupaten Tanjabbar,” ungkapnya.(hry)