Tak Penuhi Syarat PKPU, Badko HMI : Syaihu Cs Tak Bisa Diusulkan Untuk Dilantik

Daerah Politik

JAMBI – Polemik Caleg pindah partai masih berlanjut, diketahui ada 4 orang yang masih bermasalah masing-masing bernama, M Syaihu (Demokrat), Aang Purnama (Demokrat) dan A Zakir Azmi (Golkar).

Iin Habibi Ketua Umum Badko HMI Jambi, mengatakan Syaihu Cs boleh saja ditetapkan oleh KPU Kabupaten Sarolangun, namun jelas tidak bisa diusulkan oleh KPU karena pastinya tidak memenuhi syarat dan melanggar UU Nomor 7 tahun 2017, tentang Pemilihan Umum.

Selanjutnya, Iin menambahkan juga tidak boleh mengangkangi PKPU Nomor 5, tahun 2019 tentang penetapan calon terpilih, dalam pemilihan umum, KPU Kabupaten Sarolangun.

“Tentu harus memperhatikan aturan dijelaskan oleh UU, dan PKPU tersebut,” tegas Iin.

Ia menyampaikan bahwa, dalam Pasal 32 ayat (1) Huruf C PKPU nomor 5 tahun 2019 menjelaskan, pengusulan pelantikan calon terpilih, tidak bisa dilakukan, jka tidak memenuhi syarat menjadi anggota DPD, DPRD Provinsi, atau DPRD Kabupaten/Kota.

“DiJelaskan kembali oleh Ayat (2) Huruf D, calon yang tidak lagi memenuhi syarat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf C, calon masih berstatus sebagai anggota DPRD dari Partai Politik yang berbeda dengan Partai Politik yang mengajukan calon bersangkutan.” paparnya.

Selain itu, dipertegas juha pada Ayat (3) yang bisa, bahwa dalam hal calon terpilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota sebagaimana
dimaksud pada ayat (1) telah ditetapkan dengan Keputusan KPU.

“KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP
Kabupaten/Kota, keputusan penetapan yang bersangkutan batal demi hukum.” imbuhnya.

Untuk diketahui, saat ini Syaihu Cs masih aktif menjadi anggota dewan, memimpin dan mengikuti Paripurna DPRD Kabupate Sarolangun.

“Jika KPU tetap menjadi, maka sama saja mempermainkan persoalan Hukum, dan secara kelembagaan kita tidak segan-segan melaporkan ke DKPP.” tandsnya.