Penambang Pasir Bikin Longsor, Warga Sekernan Datangi DLH

Daerah Hukrim

MUARO JAMBI – Puluhan masyarakat dari Desa Sekernan, Kecamatan Sekernan, Muaro Jambi, datangi Kantor Dinas lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (13/8/19) pagi. Tak mereka, melaporkan dampak dari penambangan pasir yang ada di desa itu.

Menurut masyarakat kegiatan penambangan pasir yang ada ini sudah sangat merugikan masyarakat banyak. Dan menjadi sumber utama atas terjadinya longsor di bibir Sungai Batanghari.

Kedatangan masyarakat di sambut baik oleh Kepala Dinas LH, Firmansyah dan di ajak duduk bersama guna mencari solusi dari permasalahan ini. Selama lebih kurang 1 jam mediasi Dinas LH dengan perwakilan masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut Firmansyah berjanji akan memanggil pihak penambang pasir.

“Kita akan panggil pihak penambang pasir untuk melakukan mediasi terkait keluhan dari masyarakat ini,” katanya.

Selain itu DLH akan melakukan evaluasi terhadap perubahan penambang pasir yang diduga meresahkan masyarakat.

“Kita akan melakukan evaluasi terhadap perubahan penambang pasir apabila terdapat pelanggaran maka pihaknya tidak akan segan segan untuk menghentikan kegiatan penambangan pasir tersebut,” tutupnya

Sementara itu, M Jais selaku ketua rombongan masyarakat mengatakan, tidak pernah memberikan izin kepada kegiatan penambangan pasir yang ada di Desa Sekernan.

“Apabila dalam waktu dekat tidak ada tindakan lebih lanjut dari pemerintah maka masyarakat akan menduduki lokasi penambangan.” tutup Jais. (Din)