Ini Baru Jempol, Desa Pinang Merah Jadikan Kemitraan Sumber Kas Desa

0
640

PAMENANG – Gelontoran Dana Desa dimanfaatkan pemerintah pusat untuk mengimbangi pembangunan kota dan desa. Berbagai desa berbenah dan mampu mandiri. Bisa jadi, salah satu desa di Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin ini menjadi contoh para kepala desa.

Dikomandoi Arsadi, Desa Pinang Merah, Kecamatan Pamenang Barat ini memanfaatkan aset desa sebagai sumber pemasukan. Lewat dukungan warga, tanah kas desa dibuatkan program kemitraan.

Menurut kepala desa yang ramah ini, aset desa milik desa pinang merah tersebut berlokasi di Desa Pinang Merah itu sendiri.

Luasnya 22 hektar dan ditanami kelapa sawit yang baru berumur 2 tahun. Pihak desa bekerja sama dengan perusahaan sawit yakni, PT Kresna Duta Agroindo (KDA) untuk pengelolaannya.

“Itu tanah kas desa 22 hektar dan ditanami sawit baru berumur 2 tahun. Dan kami bekerja sama dengan PT. KDA untuk pengelolaannya,” jelas Arsadi saat disambangi awak media pekan ini.

Tanah kas desa ini memiliki hak guna usaha dan tidak mendapatkan dana talangan dari pihak pengelola.

Setelah produksi, tanah kas desa yang ditanami sawit itu hasilnya akan dimasukkan ke rekening BUMDes Desa Pinang Merah.

Dan pengajuan pemerintah desa untuk penggunaan hasil TKD tersebut sesuai dengan RAB dan kesepakatan hasil Musyawarah Desa.

Hal ini disampaikan oleh Arsadi selaku kepala desa pinang merah untuk dapat diketahui oleh masyarakatnya.(Hsb)