2 Peserta Pramuka Jambi Ikuti Jambore Dunia ke-24, Salah Satunya Dari Merangin

Pemerintahan Pendidikan

JAMBI – Gubernur Jambi Fachrori Umar menerima kunjungan peserta Jambore Dunia 2 orang yang didampingi orangtua dan Sekretaris Kwarda Pramuka. Bertempat dirumah Dinas Fachrori. Selasa (16/7/2019).

Jambore Tingkat Dunia atau biasa yang disebut Jambore Dunia adalah pertemuan anggota Pramuka dari seluruh negara di dunia khususnya Pramuka Penggalang dan Penegak (Usia 4 s.d 14 tahun).

Jambore Dunia diselenggarakan oleh Organisasi Kepramukaan Dunia (Word Organization Of Scout Movement) setiap 4 tahun sekali.

Kegiatan Jambore Dunia ini, pertama sekali diselenggarakan pada tahun 1920 di Olimpia, London, Inggris. Sekarang merupakan Jambore Dunia yang ke-24, yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juli sampai 2 Agustus 2019 mendatang. Bertempat di The Summit Bechtel Reserve’s, West Virginia, Amerika Serikat.

Untuk kwartir daerah gerakan pramuka Jambi pernah berpartisipasi pada kegiatan Jambore Dunia antara lain :

1. Jambore Dunia ke-21 tahun 2007 di Manchester, Inggris. Dengan peserta sebanyak 2×orang dan anggota dewasa sebanyak 5 orang.

2. Jambore Dunia ke-22 tahun 2011 di Swedia, dengan peserta sebanyak 1 orang penggalang putra, dan 1 orang penggalang putri.

3. Jambore Dunia ke-23 di Jepang, dengan peserta sebanyak 11 orang, dan 3 orang anggota dewasa.

4. Dan sekarang Jambore Dunia ke-24 tahun 2019, dengan peserta sebanyak 2 orang anggota Pramuka Penggalang Garuda yang bernama, Ilham Harmawan F. Utusan Kwartir Cabang Merangin, dan Ginda Maula Dionanta utusan Kwartir Cabang Batanghari.

Adapun peserta Jambore Dunia ke-24 ini, merupakan anggota Pramuka Penggalang Garuda terbaik di Provinsi Jambi, yang telah melewati tahapan seleksi yang begitu ketat dimasing-masing kwartir cabang. Mulai dari persyaratan administrasi, ilmu pengetahuan/wawasan, publik speaking, kecakapan, keterampilan atau penguasaan seni budaya daerah Jambi.

Untuk diketahui, peserta Jambore Dunia ke-24 utusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, direncanakan akan diberangkatkan pada hari Rabu 17 Juli 2019 pada pukul 08.00 wib menuju Bandara Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan pelepasan secara Nasional oleh Presiden RI selaku Kamabinas Gerakan Pramuka di Istana Negara pada 19 Juli 2019 pukul 09.00 wib.

“Kita sama-sama mendoakan semoga pergi dan pulang aman, tentram,” pungkas Fachrori.

(Nrs)