Utamakan Pejabat, Disdukcapil Merangin Terkesan Abaikan Hak Rakyat

Daerah

MERANGIN – Sejatinya pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) tidak ada perbedaan, baik itu kalangan pejabat maupun warga biasa.

Namun, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Merangin, selaku institusi pelayanan administrasi kependudukan terkesan mengabaikan pelayanan kepada masyarakat demi memberikan pelayanan terbaik kepada pejabat.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Saman, selaku Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Merangin saat ditemui Dinamikajambi.com, Jum’at (14/6).

Dirinya mengatakan bahwa memang saat ini blanko pembuatan E-KTP sedang terbatas, bahkan hampir kosong.

Ia menyampaikan bahwa pada Kamis (13/6) kemarin, blanko E-KTP di Disdukcapil Merangin tinggal 100, dan sudah digunakan untuk pencetakan E-KTP masyarakat sebanyak 98 lembar. Sehingga hanya tersisa 2 blanko.

Blanko yang tersisa tersebut bukannya digunakan untuk pelayanan masyarakat, melainkan disimpan guna mengantisipasi keperluan pejabat yang seketika memerlukannya.

“Sekarang tersisa 2 blanko, dan ini untuk pejabat siapa tahu nantinya ada perlu,” katanya.

Demi mengantisipasi kebutuhan pejabat tersebut, Disdukcapil sanggup menunda keperluan masyarakat yang hendak mencetak E-KTP, dengan alasan blanko sedang kosong.

“Ya pak kadis lagi di Jambi, dan mudahan-mudahan ada blanko lagi. Jadi hari Senin bisa kesini lagi, insyaAllah sudah bisa dicetak,” pungkasnya. (nrs)