Muarojambi Dapat Tambahan Kuota 200 Unit Bantuan Bedah Rumah

0
194

MUAROJAMBI – Kabupaten Muarojambi tahun ini mendapat bantuan bedah rumah melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 900 unit. Sedianya pada tahun ini Muarojambi hanya ke bagian sekitar 700 unit sasaran bedah rumah melalui bantuan BSPS. Jumlah sasaran bertambah 200 unit, setelah Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) berhasil melobi pemerintah pusat.

“Awalnya kita cuman dapat 700 unit. Kita ajukan lagi penambahan sebanyak 400 unit. Ternyata yang di setujui cuman 200 unit. Jadi total bantuan bedah rumah melalui program BSPS tahun ini sebanyak 900 unit,” ungkap Kadis Perkim Muarojambi Riduan Jum’at (14/6/19).

Riduan menyebut dengan adanya penambahan ini maka seluruh kecamatan di Muarojambi akan mendapat kuota bedah rumah tahun ini.

“Sebelumnya kan cuman 8 kecamatan, sekarang 11 kecamatan dapat semua,” ujarnya.

Program bedah rumah melalui program BSPS murni dilaksanakan pemerintah pusat. Pemerintah daerah hanya mengusulkan bantuan sesuai pengajuan dari desa, dinas sosial dan data dari Badan Pusat Statistik.

“Sekarang tahapan di lapangan masih dalam tahap sosialisasi,” paparnya.

Terpisah, Ida warga RT 05 Desa Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu Muarojambi mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan bedah rumah ini. Dengan peekerjaan suaminya yang hanya sebagai kuli bangunan, dia merasa mimpi bisa memiliki rumah permanen meskipun tidak terlalu besar.

“Alhamdulillah pemerintah bantu dan memperhatikan kami melalui program bedah rumah ini. Kami sangat berterima kasih dengan program ini hingga kami bisa punya rumah seperti sekarang ini,” sebutnya. (Din)