Bupati Kerinci Berikan Sorban Kesayangan Untuk Marbot

0
72

KERINCI – Marbot Masjid, atau di Kerinci biasa disebut dengan Garim Masjid atau diartikan sebagai penjaga masjid, merupakan seseorang yang ditugaskan untuk menjaga kebersihan masjid dan juga sekaligus menjadi penanggungjawab segala ritual ibadah di masjid, seperti adzan lima waktu, menjadi imam cadangan, dan juga khatib cadangan.

Belum lagi tugas tugas teknis lainnnya seperti bertanggungjawab atas kebersihan dan kerapian masjid. Tugas Marbot ini sungguh begitu berat karena harus stand by 24 jam mengurusi segala kegiatan di masjid. Dengan tugas dan rutinitas yang menjadi beban tanggungjawabnya setiap hari, maka ia otomatis akan kehilangan kesempatan untuk mencari nafkah dan bekerja seperti manusia biasa lainnya. Hampir seluruh waktunya akan tersita untuk masjid.

Untuk itu, pada kesempatan Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Kerinci Tahun 1440 H di Masjid Baitul Makmur Desa Pulau Pandan, Bupati Kerinci, Adirozal, memberikan hadiah berupa sorban kesayangan yang selalu ia pakai, kepada Garim Masjid mulia tersebut.(Hms/Jul)