Tanggapi Kebakaran MAN Model, Diknas Pastikan UNBK Tak Akan Terkendala

Berita Daerah

JAMBI – Terkait musibah kebarakan yang terjadi di ruangan Lab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Jambi, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi melalui Kepala Bidang (Kabid) SMA, Abdul Mukti memastikan bahwa proses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) nantinya tidak akan terkendala.

Mukti menyampaiakan, bahwa mengenai kebakaran tersebut dirinya sudah berkomunikasi dengan rekannya di Disdik Provinsi Jambi, dalam menentukan langkah-langkah dan alternatif untuk menghadapi UNBK nanti.

Dirinya juga mengatakan, bahwa saat ini Disdik Provinsi Jambi sudah memeliki beberapa opsi dalam mengatasi kedaan yang sekarang ini, yakni menghadapai UNBK.

“Saya sudah berkomunikasi dengan kawan-kawan di diknas, bahwa kita akan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi keadaan yang sekarang dulu yaitu UNBK. Jaai akan ada beberapa alternatif ini, apakah mereka akan ujian dimana, nanti kami putuskan hari senin. Yang pasti UNBK tidak akn terkendala.” kata Mukti saay dikonfirmasi Dinamikajambi.com, Sabtu (9/3/19).

Selain itu, agar tidak terjadi hal yang seperti ini lagi, Kabid SMA Disdik Provinsi Jambi itu juga mengatakan bahwa dirinya sudah membuat surat edaran kepada seluruh SMA se Provinsi agar melakukan revitalisasi jaringan listrik.

Menurutnya, jika tidak segera dilakukan, maka pihaknya kwatir hal serupa dapat terjadi lagi.

“Menyikapi terjadinya kebakaran di Lab TIK MAN Model Jambi, dimohon kepada Ketua MKKS Kab/Kota untuk menyarankan Kepsek di Wilayah masing-masing untuk mengajukan Proposal ke Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Cq. Kasi Sarpras SMA untuk Revitalisasi Jaringan Listrik di Sekolah, agar kejadian serupa bisa diantisipasi (diutamakan sekolah yg sama sekali blm pernah merevitalisasi jaringan listriknya) DUM.” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Heriyanto mengatakan bahwa dirinya turut prihatin atas kejadian yang menimpa MAN model tersebut.

Mengenai UNBK Nanti ? Hal serupa juga disampaikannya, bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi lagi dimana nantinya tempat yang bisa dibuat untiuk melaksanakan ujian bagi siswa MAN Model Kota Jambi.

“Kita turut prihatin atas terjadinya musibah kebakaran di MAN model, dan untuk kegiatan UNBK kita akan berkoordinasi untuk pelaksanaanya bisa menumpang di sekolah lain.” pungkasnya. (Nrs)