Badko HMI Jambi Bentuk Kelompok Pengembangan Pilot Projek Energi Surya Untuk Listrik

Berita Daerah Pendidikan

JAMBI – Badko HMI Jambi bersama Pertamina Mor II Sumbangsel, menggelar seminar energi yang menghasilkan kelompok pilot Project pengembangan Energi Surya untuk Listrik. Bertempat di aula Bappeda Provinsi Jambi, Kamis (28/2/19).

Kelompok pengembangan Energi Surya untuk listrik ini, nantinya akan di bimbing langsung oleh Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Doni Iskandar. Dimana  Energi tersebut juga sudah digunakan untuk listrik di rumah pribadinya.

Selain itu, seminar ini juga disambut baik  oleh Kabid Energi terbarukan Dinas ESDM Provinsi Jambi, Zulfahmi, ST, dan dirinya akan ikut serta dalam Pembinaan Kelompok untuk Pengembangan Pilot Project tersebut.

Doni Iskandar menyampaiakn bahwa dirinya sangat mengapresiasi Kegiatan ini, dan ia juga akan siap, untuk saling berbagi ilmu kepada para kader HMI tersebut apabila dibutuhkan.

“Saya sangat senang bisa bertatap muka berdiskusi bersama kader-kader HMI, yang memiliki pola pikir kritis dan konstruktif. Maka kapanpun, jika ada waktu, saya siap selalu untuk berbagi pengetahuan kepada adik-adik HMI.” ujarnya.

Sementara itu, aktivis dan juga selaku Pengamat Lingkungan, Muri Nauli menyampaikan bahwa ekploitasi penggunaan energi posil harus segera dihentikan, dan berpindah pada pengembangan enerhi yang Terbarukan.

“Bahwa kita harus segera berhenti ekploitasi pengunaan energi fosil dan segera beralih pada Pengembangan energi terbarukan. Saya juga akan terlibat langsung, dalam Pembinaan Kelompok pengembangan energi surya untuk listrik ini.” imbuhnya.

Sedangkan, saat dikonfirmasi dinamikajambi.com, Iin Habibi selaku Badko HMI Jambi akan mengajak anggotanya untuk melihat langsung bagaimana cara pemanfaatan energi surya untuk listrik ini ke rumah kepala Bappeda tersebut. Jika nanti ada anggaran nanti, ia akan melakukan percobaan pemgembangan lebih luas.

“Kedepan mungkin Kita akan adakan kunjungan langsung ke rumah Pak Doni, untuk melihat bagaimana cara pemanfaatan energi surya untuk listrik, agar dipahami oleh anggota kelompok Serta jika ada anggaran nanti bukan tidak mungkin, kita coba buat Percobaan untuk pengembangan lebih luas.” sebut  Iin, Jum’at (1/3/19).

(Nrs)