Gerah Diawasi Saat Reses, Anggota DPRD Nekat Usir Panwas

Berita Viral

SULSEL – Anggota DPRD Takalar, Sulawesi Selatan, Husniah Rachman Dg Tayu, naik pitam. Ia geram melihat seorang anggota Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kelurahan Pattalassang, Mutammimah.

Husnia gerah diawasi saat melakukan reses terkait penyelenggaraan administrasi kependudukan, di Kantor Lurah Pattalasang sesaat lalu, Kamis (14/2/2019) sekitar pukul 10.00 Wita. Ia akhirnya melakukan pengusiran itu.

Membentak Mutammimah dan memintanya meninggalkan ruangan. Bila tidak ia mengancam akan memperkarakan Mutammimah dan melaporkannya ke Bawaslu Kabupaten Takalar.

“Silakan Anda keluar. Kalau menyimak saya rela. Tetapi kalau mau ambil gambar silakan tinggalkan kegiatan saya. Ini bukan kampanye,” gertak Husniah dengan suara menggelegar.

Mutammimah pun kaget. Ia mengaku, juga hampir tak bisa menahan amarahnya tetapi berusaha tenang di hadapan warga yang hadir di kantor kelurahan itu.

“Saya duduk sejenak untuk menenangkan diri dan beberapa saat kemudian saya kembali ke kantor dan melaporkan hal ini,” bebernya dilansir Fajar.co

Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Panwas Kecamatana Pattalassang, Jamaluddin mengatakan, pihaknya akan meminta klarifikasi atas pengusiran ini. Menurutnya, Husniah keliru menafsirkan keberadaan anggotanya.

“Di undang-undang jelas kok. Setiap kegiatan anggota dewan saat ini harus diawasi. Kenapa? karena ditakutkan mereka nanti kampanye. Apalagi kalau reses. Dia bisa dikena pidana. Pakai fasilitas negara,” bebernya.

Adanya pengusiran ini, Jamaluddin menegaskan, akan bersurat ke Bawaslu Kabupaten atas tindakan Husnia dan akan diproses sesuai dengan peraturan yang ada.

“Mestinya sih ini tak terjadi. Tetapi yah, mau diapa lagi. Mungkin masih perlu ada sosialisasi ke semua anggota dewan apalagi kalau yang bersangkutan mau mencalonkan diri lagi,” bebernya.

Sumber berita awal klik disini