Sikapi Truk Batu Bara Yang Mangkir Jam Operasional, Dishub Akan Gelar Rakor

Berita Jambi Hukrim

JAMBI – Menyikapi kendaraan truk bermuatan batubara yang melintas diluar jam operasional, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi akan menggelar rapat koordinasi (Rakor), bersama Dishub Batanghari dan instansi terkait.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Varial Adhi melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat, Wing Gunariadi saat dikonfirmasi melalui selulernya, Senin (11/2/19)

Dikatakan Wing Gunariadi, bahwa rapat kordinasi tersebut, akan direncanakan besok, Selasa (12/2/2019).

“Besok tanggal 12 kita akan rapat koordinasi dengan mengundang Ditlantas Polda, Kasat Lantas dan Dishub Batanghari, Dishub Muaro Jambi dan Dishub Kota Jambi, terkait banyaknya mobil barang yang masuk kejalan ness. Walaupun ada larangan, dan juga terkait angkutan batu bara yang melanggar jam operasional.” paparnya.

Dirinya juga menyampaikan dalam rapat nanti, mereka akan membicarakan permasalahan tersebut, dan mendiskusikan solusi atau langkah apa yang akan dilakukan dalam penertiban angkutan yang melanggar rambu larangan atau jam operasional itu.

“Nanti pada rapat tersebut akan diambil langkah atau solusi, dalam penertiban terhadap angkutan yang melanggar rambu larangan baik jam operasional maupun larangan masuk ke jalan ness.” jelasnya.

Nantinya, pihaknya berharap dalam pelaksanaan penegakan hukum, maka diharapkan Ditlantas Polda untuk dapat melakukan penertiban sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Karena sesuai UU No. 22 Tahun 2009, pelaksanaan penegakan hukum menjadi kewenangan Polri, maka nanti diharapkan Ditlantas Polda dapat memerintahkan kepada Kasat Lantas untuk melakukan penertiban karena instrumen rambu yang menjadi larangan telah kita pasang sesuai kewenangan.” tandasnya. (Nrs)