Raup 300 Ribu/Hari, Angkringan Mas Mit Cuma Goyang Saat Hujan

Bisnis Daerah

JAMBI – Angkringan, konsep tempat makanan sederhana dengan gerobak dorong yang menyajikan aneka hidangan khasnya yaitu sego kucing atau nasi kucing, mungkin sudah tak asing lagi di Kota Jambi. Salah satunya, angkringan Mas Mit di kawasan Telanaipura yang sudah memiliki banyak pelanggan dalam beberapa tahun terakhir kehadirannya.

Berjualan dengan istri tercinta, Mas Mit atau lengkapnya Sumitro menyediakan berbagai makanan khas angkringan. Mulai dari nasi kucing dengan 3 isi berbeda yakni teri, telor dan nasi uduk. Telor puyuh, ampela yang ditusuk seperti sate dilengkapi dengan sayur dan gulai jengkol serta lainnya sebagai pelengkap nasi.

Dibincangi DinamikaJambi.com, mas Mit mengatakan angkringannya memiliki pelanggan dari mahasiswa dan pekerja.

Tak berlebihan memang, mengingat keberadaan angkringan yang berada tak jauh dari 2 kampus di Telanaipura dan kawasan perkantoran. Lantaran itu pula, sosok berjenggot ini optimis dalam menjalankan usahanya.

“Palingan, kalau hujan saja agak kurang. Tapi itu juga hitungan mundur,” bilangnya saat menjawab soal pelanggan.

Dijelaskan Mas Mit, jika hujan berlangsung, pelanggan yang biasanya datang ke angkringan tetap ramai. Mereka datang setelah hujan reda.

“Artinya, kalau biasanya datang jam 9, mereka datang jam 10-11. Kita pun tutup lebih lama,” katanya disela-sela melayani pelanggan.

Angkringan Mas Mit yang juga menjajakan minuman bandrek, kopi dan sebagainya ini menghasilkan pendapatan bersih sekira Rp 300.000 ribu/hari dari omset Rp 800.000 ribu.

Meskipun kehadiran lesehan dan kuliner lainnya yang terus menjamur, Mas Mit mengaku tak khawatir. Bilangnya, angkringan berpengaruh saat mahasiswa libur.

“Pengaruh. Tapi itu juga tidak terlalu. Karena kita juga punya pelanggan dari kalangan pekerja, swasta,” katanya.

Angkringan sendiri merupakan konsep tempat makan dan nongkrong khas Jawa yang banyak ditemukan di kota-kota seperti Jogjakarta dan Solo. Di Kota Jambi, angkringan sudah cukup tersebar. (Erw)