60 Desa di Provinsi Jambi Tak Berlistrik, Sofyan : Pemerintah Harus Fokus

Berita Jambi Parlemen

JAMBI – Pimpinan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), H Sofyan Ali meminta kepada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi, untuk memasang listrik terhadap Desa yang masih gelap gulita.

Hal tersebut disampaiakannya pada Dinamikajambi.com saat dikonfirmasi melalui seluler pribadinya, Selasa (5/2/19).

Sebelumnya diketahui, Sofyan juga pernah menegaskan hal yang sama, dalam Pertemuan antara Komisi III DPRD Provinsi Jambi dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi, beberapa waktu lalu. Dirinya mengharapkan tak ada lagi desa yang gelap gulita, akibat tidak dialiri oleh listrik.

Sebagaimana yang dituturkannya, bahwa ada sekitar 60 Desa di Provinsi Jambi yang sama sekali belum dipasang listrik. Salah salahnya yakni seberang Kota Kuala Tungkal, dimana disitu boleh dikatakan semuanya masih dalam keadaan gelap gulita.

“Ya artinya, kita menginginkan pihak ESDM itu mendata mana saja Desa-desa yang belum dipasang listrik. Kita ingin mereka memiliki perencanaan yang jelas terkait hal ini, setidaknya mereka itu tahu Desa mana saja yang belum terpasang listrik.” ujarnya.

Selajutnya, dirinya mengatakan kalau desa mana saja yang belum dipasang listrik ESDM tidak tahu, bagaimana mereka ingin merealisasikannya.

“Kita ingin mereka bisa tahu, desa mana yang tidak dipasang listrik. Bagaimana ini bisa direalisasikan, kalau mereka saja tidak tahu desa mana saja yang tidak dialiri listrik. Berartinya mereka tidak turun kelapangan. Ya kita ingin ESDM bisa merealisasikannya secara komprehensif, dengan harapan kedepannya tidak ada lagi desa yang tidak terpasang listrik.” tambahnya lagi.

Selain itu, Ketua DPW PKB Provinsi Jambi itu juga meminta kepada instansi pemerintah lainnya juga harus fokus terhadap masalah ini. Karena menurutnya, setiap desa itu berhak mendapatkan aliran listrik untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari hari.

“Pemerintah daerah juga harus konsen, dan fokus dalam menghadapi masalah ini. Sekali kali mereka harus terjun langsung kelapangan, melihat desa-desa mana saja yang belum terpasang listrik. Ya intinya, kami harap listrik ini bisa terealisasikan secara menyeluruh sampai desa-desa yang terpencil sekalipun.” imbuhnya.

Dirinya berharap, ditahun ini dan kedepannya, tidak ada lagi desa yang tidak dialiri listrik dan gelap dulita.

“Ya harapannya, kedepannya listrik ini bisa terealisasikan secara menyeluruh, dan tidak ada lagi desa yang tidak dialiri listrik.” pungkasnya. (Nrs)